Unggahan Viral soal Derek Resmi di Tol Jagorawi Ditembak Rp 1 Juta, Ini Tarif Resmi Jasa Marga

Kompas.com - 04/03/2022, 13:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar unggahan Twitter berisi curhat seorang pria yang mengeluhkan tarif derek di Tol Jagorawi.

Kronologi kejadian tersebut diunggah oleh akun Twitter bernama @dikakush. Dalam narasi tersebut, korban mengaku dimintai tarif sebesar Rp 1 juta dan diturunkan menjadi Rp 500.000 oleh petugas derek tol.

Mobil gw mogok di toll, ada jasa derek resmi langsung nembak 1 jt terus turun ke 500rb padahal tarif resmi segitu. Dah gt masi gontok2an derek harus itungan perKM. Padahal tarif perKM baru di charge dari titik pintu tol keluar kacau juga vendor derek lo @PTJASAMARGA,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: Masih Ada MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta, Ini Pilihannya

Terkait hal ini, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna jalan.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pengguna jalan. Ke depannya, kami akan melakukan perbaikan pelayanan, tidak hanya layanan derek saja, namun juga pelayanan di ruas jalan tol secara keseluruhan,” ucap Heru melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Pihaknya juga telah menerbitkan surat peringatan kepada penyedia jasa derek di ruas jalan tol tersebut serta telah menerima komitmen dari penyedia jasa derek bahwa kejadian tersebut tidak akan terulang kepada pengguna jalan lainnya.

“Kami juga tidak menoleransi tindakan petugas derek yang terlibat sehingga kami meminta penyedia jasa derek untuk memberikan sanksi tegas kepada karyawannya tersebut berupa pemutusan hubungan kerja (PHK) yang saat ini telah dipenuhi oleh penyedia jasa derek,” lanjut Heru.

Agar kejadian seperti ini tak terulang, ada baiknya pengguna jalan tol mengetahui berapa tarif derek yang telah ditentukan di ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga untuk berjaga-jaga jika terjadi gangguan atau kecelakaan lalu lintas.

Heru menjelaskan, layanan derek bisa diberikan secara gratis jika memenuhi syarat tertentu.

Ia melanjutkan, prosedur layanan derek gratis yang diberikan Jasa Marga adalah jika pengguna jalan yang mengalami gangguan perjalanan atau kecelakaan lalu lintas diderek dari titik kejadian hingga gerbang tol terdekat, pool derek, atau tempat lainnya dalam radius satu kilometer dari akses keluar jalan tol terdekat.

Ilustrasi Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama Indonesia yang dikelola Jasa Marga. Tarif tol ini cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 16.000 saja tergantung jenis kendaraannya.Jasa Marga Ilustrasi Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama Indonesia yang dikelola Jasa Marga. Tarif tol ini cukup terjangkau karena hanya sekitar Rp 7.000 hingga Rp 16.000 saja tergantung jenis kendaraannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.