Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Desain Eksterior Veloz, BR-V dan Xpander, Siapa yang Lebih Gagah?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak diluncurkan All New Toyota Veloz, Honda All New BR-V dan Mitsubishi Xpander cukup menjadi yang paling sering diperbincangkan oleh pecinta otomotif.

Meski secara kelas, BR-V bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV), sementara Veloz dan Xpander berada di kelas LMPV. Namun ketiganya sama-sama mengusung konfigurasi tiga baris. Bahkan rentang harga ketiga mobil tersebut juga tak terpaut jauh.

Jadi tak ada salahnya jika kita membahas plus-minus ketiga mobil ini dari berbagai sektor.

Beberapa waktu lalu tim redaksi berkesempatan untuk menguji ketiga mobil tersebut secara bersama-sama. Perhatian langsung tertuju pada bagian eksterior untuk mengulik masing-masing desain yang ditawarkan.

Mari kita mulai dengan Toyota Veloz. Mengulas tampilan eksteriornya, Veloz terbaru hadir dengan pembaruan menyeluruh yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mobil ini sudah menggunakan platform terbaru, dengan penggerak roda depan dan pilihan transmisi CVT menggantikan model konvensional.

Dari segi ukuran dan dimensi, Veloz memiliki dimensi yang lebih besar dari versi sebelumnya, yakni panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Dan yang cukup menarik perhatian adalah jarak ground clearance-nya mencapai 205 mm.

Pada bagian depan Veloz kini makin terlihat gagah dan lebih maskulin yang dilengkapi dengan headlamp LED headlamp, lampu sein dan fog lamp terbaru.

Utamanya berkat grill bermotif jaring-jaring dengan bentuk trapezium. Tak sedikit yang menyamakan desain muka Veloz dengan Corolla Cross, karena sekilas desainnya memang terlihat mirip.

Sementara pada bagian samping terlihat lekukan-lekukan yang semakin membuat All New Veloz terasa berbeda dengan generasi sebelumnya.

Pada sektor spion, All New Veloz sudah menggunakan spion auto retractable juga new foot lamp pada varian tipe Q. Sementara untuk sektor kaki-kaki menggunakan profil ban 205/50 R17.

Adapun pada bagian buritan terlihat semakin mewah dan sporty berkat rear bumper dan rear combination lamp yang dibuat memanjang, yang dilengkapi dengan emblem Veloz bernuansa chrome.

Selanjutnya All New Honda BR-V. Mobil ini juga telah mendapatkan perubahan dari signifikan dari generasi sebelumnya.

Menggunakan platform baru hasil pengembangan N7X Concept, seketika karakter BR-V langsung berubah menjadi lebih kekar dan dinamis, sesuai dengan jenis atau segmennya yaitu LSUV.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm dengan ground clearance 201 mm.

Lebih rinci, pada bagian depan mobil grill kini diberikan desain garis tegas dengan sentuhan krom gelap. Kemudian dipadukan dengan lampu utama LED yang runcing beserta DRL LED-nya.

Bagian bawahnya, ada tambahan rumah lampu kabut berbentuk tajam di sisi kiri dan kanan yang sudah LED.

Ke samping, garis-garis tegas tetap disematkan pada BR-V ditambah roof rail dan body cladding di area lingkar ban. Soal pelek, desainnya pun baru dengan ukuran 17 inci.

Terakhir adalah Mitsubishi Xpander Sport CVT. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm, dengan ground clearance 220 mm.

Secara tampilan tak ada perbedaan dari segi desain dengan versi Ultimate. Mulai dari grill, foglamp, lampu utama dan bumper.

Mitsubishi juga masih setia memberikan aksen krom yang disandingkan bersama gril sebagai gimik atau pemanis tampilan.

Sementara, untuk kaki-kaki versi Sport CVT, Mitsubishi rupanya hanya menyematkan pelek single tone dengan dimensi 16 inci. Penempatan pelek 16 inci pada versi Sport juga sempat menjadi sorotan, terutama soal desain karena dianggap banyak pihak seperti downgrade dibanding versi sebelumnya.

Tak hanya pelek, rumah luar spion Xpander tipe Sport CVT juga berbeda karena dibuat sewarna dengan bodi.

Adapun untuk bagian belakang Xpander sudah menggunakan lampu kombinasi dengan LED bar yang bentuknya seperti lampu depan, layaknya palu atau huruf T. Tampilan bumper di bagian belakang juga dibuat lebih dinamis dan sporty.

Sebagai informasi, ketiga mobil ini berada di rentang harga yang tak terpaut jauh, untuk Veloz Type Q dibanderol Rp 323,5 juta, BR-V dibanderol Rp 324,9 juta dan Xpander Sport Rp 297,4 juta.

Soal tampilan, kembali lagi pada selera masing-masing konsumen. Tetapi soal ground clearance, Xpander Sport unggul yakni 220 mm, sehingga cukup aman jika saat melewati medan berat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/01/162100315/desain-eksterior-veloz-br-v-dan-xpander-siapa-yang-lebih-gagah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke