Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkendara di Jalan Tol, Ingat Rumus Jaga Jarak 3 Detik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaga jarak aman antar kendaraan di jalan tol sangat penting untuk menghindari terjadinya tabrakan beruntun.

Di jalan tol, kendaraan melaju dalam kecepatan yang tinggi. Namun, pengemudi perlu mengantisipasi jika kendaraan di depannya mendadak memperlambat kecepatan atau berpindah lajur.

Dengan menjaga jarak aman, akan ada ruang bagi pengemudi untuk menurunkan kecepatan secara bertahap, bukan rem mendadak yang pada akhirnya bisa menyebabkan tabrakan beruntun.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan metode berhitung tiga detik saat ingin menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Ia mengatakan, hitungan jarak tidak mungkin dilakukan saat berkendara. "Hitungan travelling kita saat berkendara itu paling mudah adalah kilometer per jam (kpj)," ucap Marcell.

Marcell memaparkan, tiga detik bisa mengantisipasi jarak sekitar 84 meter dari kendaraan di depannya.

Misal, jika kendaraan bergerak dari angka 100 kpj, per menit dibagi 60 detik untuk mendapatkan jarak 1.667 meter per menit. Kemudian, dibagi lagi 60 untuk mendapatkan waktu satu detik yaitu 28 meter per detik.

Jadi, mengacu pada perhitungan tersebut, waktu tiga detik bisa mengantisipasi jarak sekitar 84 meter.

Jaga jarak aman juga memperhitungkan reaksi manusia dan mekanis saat ingin memperlambat laju kendaraan atau melakukan manuver. Karena, ada waktu yang dibutuhkan mulai dari seseorang memproses suatu keadaan hingga menginjak pedal rem.

Reaksi yang ditimbulkan saat pedal rem diinjak juga tidak instan. Maka dari itu, menjaga jarak aman antar kendaraan dapat memberi ruang untuk pengemudi bermanuver dan melakukan tindakan, saat akan menghindari kejadian tak diinginkan di depannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/26/180200615/berkendara-di-jalan-tol-ingat-rumus-jaga-jarak-3-detik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke