7 Pelanggaran yang Diincar di Operasi Keselamatan Candi 2022

Kompas.com - 25/02/2022, 13:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Jawa Tengah melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) guna menyambut Operasi Keselamatan Candi 2022 yang dimulai pada 1-14 Maret 2022.

Operasi Keselamatan Candi 2022 ini bertujuan untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas guna menciptakan situasi Kamseltibcar lantas yang kondusif.

Irwasda Polda Jateng Kombes. Pol. Untung Sudarto mengatakan, operasi ini juga dilaksanakan sebagai upaya memberantas penyebaran Covid-19 melalui kegiatan yang bersifat humanis dan simpatik.

Baca juga: Jawaban Kemenhub Soal Permintaan Zero ODOL Ditunda hingga 2025

“Laksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh. Namun upayakan selalu melalui pendekatan humanis. laksanakan juga kegiatan sosialisasi dan himbauan secara simpatik,” ucap Irwasda dikutip dari NTMC Polri, Jumat (25/2/2022).

Sementara, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, menyampaikan beberapa poin yang menjadi sasaran kegiatan operasi, antara lain memutus penyebaran Covid, mengurangi pelanggaran dan Laka Lantas.

Awali Operasi Patuh Jaya Polis Polisi Bagi Brosur Peraturan LalulintasKOMPAS.COM/JUNAEDI Awali Operasi Patuh Jaya Polis Polisi Bagi Brosur Peraturan Lalulintas

“Kita laksanakan kegiatan dengan baik dan tepat sasaran. Sehingga operasi ini dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas, serta terciptanya Kamseltibcar lantas,” ucap Agus.

Baca juga: Menuju Zero ODOL 2023, Polisi Gelar Razia di Tol Merak

Dalam operasi Keselamatan Candi 2022, ada tujuh kategori pelanggaran yang menjadi target incaran petugas kepolisian, berikut rinciannya:
1. Berhenti di tempat terlarang (sembarangan tempat) termonitor kamera kopek
2. Tidak menggunakan sabuk keselamatan yang termonitor kamera etle
3. Melanggar batas kecepatan
4. Menggunakan handphone saat mengemudikan kendaraan di jalan raya yang tidak menggunakan handsfree
5. Tidak menggunakan helm SNI
6. Di bawah umur yang belum memenuhi syarat dan tidak memiliki sim kendaraan roda 2 dan roda 4 atau lebih
7. Melawan arus dan menerobos lampu merah Penindakan terhadap pelanggaran tersebut dilakukan dengan mekanisme ETLE.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.