Daftar Harga Mobil Toyota yang Dapat Insentif PPnBM

Kompas.com - 24/02/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian telah merilis daftar mobil yang berhak untuk menerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun ini.

Daftar mobil yang mendapat diskon PPnBM tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian No. 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Ditanggung oleh Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Baca juga: Ini Trik Sederhana Agar Ban Mobil Tidak Masuk Got Saat Mepet Kiri

Berlaku hingga September 2022, total terdapat 16 produk yang masuk ke daftar, yaitu mobil berjenis low cost green car (LCGC). Sementara itu, untuk mobil yang dibanderol mulai Rp 200 juta sampai Rp 250 juta dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc berlaku selama kuartal I tahun ini.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Semua produk otomotif yang mendapatkan insentif terkait memiliki nilai pembelian lokal komponen (local purchase) minimum sebesar 80 persen. Sehingga, lebih selektif dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Sopir Truk Protes Aturan ODOL, Ini Respons Kemenhub

Syarat mobil penerima diskon PPnBM tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 5 /PMK.010/2022.

Adapun skema pemberian diskon PPnBM LCGC dibebankan PPnBM sebesar 0 persen alias gratis pada kuartal I Januari-Maret 2022, PPnBM 1 persen pada kuartal II April-Juni 2022, dan PPnBM 2 persen pada kuartal III Juli-September 2022. Sisanya pada kuartal IV Oktober sampai Desember LCGC dikenakan PPnBM normal yakni sebesar 3 persen.

Sementara untuk mobil 1.500 cc ke bawah, diberikan diskon PPnBM sebesar 50 persen pada periode Masa Pajak Januari 2022 sampai dengan Maret 2022. Artinya, pada tiga bulan pertama 2022, mobil jenis itu hanya dikenakan PPnBM 7,5 persen dari normalnya sebesar 15 persen.

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

Dari daftar mobil penerima insentif PPnBM, ada empat model dan 13 tipe dari Toyota yang mendapatkan diskon PPnBM 2022. Kedua LCGC Toyota, Agya dan Calya, semua tipenya dapat diskon PPnBM.

Baca juga: Bahas Desain Honda Vario 160, Sporty dan Serba Tajam

Sementara mobil non-LCGC yang dapat diskon PPnBM antara lain Toyota Avanza dan Toyota Raize, itu pun tidak semua tipe dapat keringanan pajak tersebut.

Berikut daftar harga mobil Toyota yang dapan insentif PPnBM 2022:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.