Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022 | Detail Penurunan Harga Daihatsu All New Xenia, Rocky, dan Terios

JAKARTA, KOMPAS.com— Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian telah merilis daftar mobil yang berhak untuk menerima insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun ini.

Berlaku hingga September 2022, total terdapat 16 produk yang masuk ke daftar, yaitu mobil berjenis low cost green car (LCGC).

Sementara itu, untuk mobil yang dibanderol mulai Rp 200 juta sampai Rp 250 juta dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc berlaku selama kuartal I tahun ini.

Selain itu, dari lima model Daihatsu yang menikmati diskon PPnBM, tiga diantaranya terdiri dari segmen non-LCGC. Mulai dengan All New Xenia, dan dua dari segmen SUV murah, yaitu Rocky dan Terios.

Tak tanggung-tanggung, ada 29 varian dari ketiga model tersebut yang mendapat diskon pajak sebesar 50 persen hingga Maret mendatang. Penurunan harganya juga signifikan pada tiap model tersebut dengan kisaran lebih dari Rp 10 jutaan dibanding sebelumnya.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Rabu (22/2/2022):

1. Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

Semua produk otomotif yang mendapatkan insentif terkait memiliki nilai pembelian lokal komponen (local purchase) minimum sebesar 80 persen. Sehingga, lebih selektif dibandingkan tahun sebelumnya.

Daftar tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Adapun desain insentif ini berada dalam kerangka Peraturan Pemerintah (PP) 74/2021 yang memberikan tarif PPnBM lebih rendah bagi kendaraan bermotor dengan emisi gas rumah kaca yang juga lebih rendah.

2. Detail Penurunan Harga Daihatsu All New Xenia, Rocky, dan Terios

Nah, bagi konsumen yang sebelumnya menahan pembelian ketiga model tersebut karena menanti keputusan relaksasi PPnBM, saat ini sudah bisa langsung menikmati harga yang lebih "miring" dibanding awal bulan.

Tapi perlu diingat, tak semua varian dari Xenia, Rocky, dan Terios mendapat potongan pajak, karena adanya batasan harga yang diberikan pemerintah, yakni di bawah Rp 250 juta.

Dari 21 varian yang dipasarkan Daihatsu untuk Xenia, hanya 15 tipe MPV murah ini yang mendapat diskon PPnBM.

3. Begini Perbandingan Motor yang Pakai ABS dan Tidak

Saat ini sudah banyak sepeda motor mengadopsi sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS). Sistem ini membuat pengendara lebih mudah mengendalikan motor.

Meski demikian tak sedikit yang ragu mengenai keampuhan cara kerja ABS di motor. Karena itu beberapa pihak melakukan pengetesan bagaimana perbedaan antara motor yang pakai ABS dan tidak.

Mengenai keampuhan rem ABS di motor diunggah akun Instagram _techmech. Dalam video ini terlihat bagaimana kondisi motor yang pakai ABS dan tidak memakai ABS.

4. Adu Irit, Perbandingan Konsumsi BBM Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy

Mengusung tambahan Hybrid di belakang namanya, Fazzio diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar lantaran didukung mesin bakar internal, serta tenaga dari baterai.

Sebelumnya Kompas.com sudah membahas bahasa desain, fitur dan rasa berkendara serta konsumsi bahan bakar. Kini Kompas.com membandingkan konsumsi BBM antara Fazzio dengan Honda Scoopy.

5. Masih Banyak yang Bingung Bedanya Ganti dan Kuras Oli Transmisi Matik

Mobil zaman sekarang rata-rata sudah menggunakan transmisi otomatis atau matik. Sistem transmisi ini tentu membutuhkan perawatan yang berbeda dari mobil bertransmisi manual.

Pada transmisi otomatis, terdapat pelumas khusus di dalamnya. Selayaknya cairan lainnya yang ada pada kendaraan, maka pelumas ini juga perlu untuk diganti secara berkala.

Untuk penggantian oli transmisi matik ini juga ada dua cara, bisa dengan ganti oli saja atau dikuras. Sayangnya, banyak yang tak paham akan perbedaan dari kedua cara perawatan tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/23/060200615/-populer-otomotif-resmi-ini-daftar-mobil-yang-menerima-insentif-ppnbm-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke