Kompas.com - 21/02/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi injeksi banyak digunakan oleh pabrikan sepeda motor. Kendaraan dengan mesin injeksi dilengkapi dengan sistem diagnosa mandiri (self diagnostic function) untuk memudahkan pengguna atau mekanik dalam mendeteksi gangguan atau masalah pada motor.

Jika terjadi gangguan atau masalah, lampu indikator Malfunction Indicator Lamp (MIL) akan menyala dengan memberikan kode tertentu. Biasanya kode yang diberikan berupa kedipan lampu dalam jumlah tertentu.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Kena Tilang, Ini Penjelasannya

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, lampu indikator MIL pada kendaraan honda dimaksudkan untuk mempermudah mekanik dalam mendeteksi masalah pada kendaraan Honda.

"Biasanya ada beberapa tipe nyala, nyala terus, atau berkedip. Pada saat berkedip ada jumlah kedipan yang merupakan kode kegagalan, nah melalui indikasi tersebut pemeriksaan dilakukan," kata Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Lampu indikator di motor injeksikompasiana Lampu indikator di motor injeksi

Kedipan lampu indikator check engine pada setiap merek kendaraan memiliki makna yang berbeda. Biasanya produsen kendaraan sudah menyeting dengan komputer yang disematkan di dalam ECU kendaraan mereka.

Pada kondisi normal, lampu indikator akan menyala lebih kurang dua detik pada saat pertama kali motor dihidupkan. Sedangkan jika ada kerusakan, lampu indikator akan berkedip secara terus-menerus.

Baca juga: Agar Tidak Kena Pajak Progresif, Begini Cara dan Syarat Blokir STNK

Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

Dalam mendeteksi kedipan MIL, untuk satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1.

Berikut adalah indikator permasalahan motor dideteksi dari kedipan MIL pada kendaraan Honda:

Lampu indikator akan menyala berwarna merah, jika air radiator akan habis.Ghulam Muhammad Nayazri Lampu indikator akan menyala berwarna merah, jika air radiator akan habis.

1 Kedipan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.