Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Sanca Bersarang di Ruang Mesin Mobil, Begini Tips Mencegahnya

Kompas.com - 21/02/2022, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang mesin mobil kerap menjadi tempat bersarangnya berbagai binatang, salah satunya adalah tikus.

Tikus yang bersarang di bawah kap mesin ini ternyata juga mengundang predator alaminya, yaitu ular. Ular bisa saja diam di ruang mesin mobil untuk beberapa waktu dan tentu ini berbahaya untuk pemilik kendaraan.

Kejadian ular yang ada di ruang mesin mobil bisa dilihat dan dijadikan pelajaran lewat unggahan humasjakfire di Instagram.

Pada unggahannya tersebut, seorang warga yang tinggal di Jagakarsa menghubungi Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan karena ada ular sanca di ruang mesin mobilnya.

Baca juga: Oli Mesin Mobil Bisa Kedaluwarsa, Mitos atau Fakta?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

 

"Pelapor mengetahui keberadaan hewan tersebut ketika hendak mencuci kendaraannya," tulis keterangan unggahan tersebut dikutip Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Untuk mengambil ular tersebut dari ruang mesin, dibutuhkan waktu lebih dari 90 menit. Posisi ular tersebut melilit pada bagian mesin dan masuk ke celah yang sempit.

Menanggapi kejadian ini, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ular dan binatang lainnya bisa mudah masuk lewat rongga di kolong mobil.

Baca juga: Hari Ini Terakhir, Dispensasi Perpanjangan SIM Khusus PPKM Level 3

"Iya bagian bawah (ruang mesin) ada rongga yang bisa jadi tempat masuk ke ruang mesin (bagi binatang)," kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Apalagi, sebagian mobil saat ini kerap tidak dilengkapi dengan cover di bagian bawah ruang mesin, sehingga binatang bisa masuk. Sekalipun ada pelindung (cover) tetap ada celah kecil untuk binatang masuk.

Untuk mencegah binatang seperti tikus yang bisa mengundang ular untuk masuk ke ruang mesin, satu-satunya cara adalah dengan menjaga kebersihannya.

Ketika pemilik rutin membersihkan mobilnya, binatang seperti tikus pun enggan untuk bersarang. Sehingga mencegah datangnya binatang lain yang ingin memangsa tikus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com