Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
M Wahab S
Pengamat F1 dan Otomotif Nasional

Komentator F1, penulis lepas, founder Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif Indonesia (FK3O), Manager Operasional Shop & Drive PT Astra otoparts Tbk (1999 - 2001), General Manager PT Artha Puncak Semesta Indonesia. Akun twitter : @emwees.

kolom

Mandalika, Bisa!

Kompas.com - 21/02/2022, 15:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Tidak salah pendapat saya di tulisan sebelumnya bahwa sirkuit yang paling tepat untuk Indonesia saat ini adalah sirkuit jalan raya. Bahkan tidak salah pula alasan saya bahwa akan berat sekali apabila pihak swasta yang membangun sirkuit permanen baru dengan alasan investasi.

Nilai investasi Rp 1.2 triliun sampai Rp 1.7 triliun merupakan angka yang cukup besar dan sulit bila kita berhitung pengembalian modalnya. Pasti lebih dari 20 tahun jangka waktu investasinya selain dari beban operating dan maintenance expenses yang makin membebani.

Bersyukur, pemerintah turun tangan dengan melibatkan BUMN terkait untuk membangun sebuah sirkuit yang indah dengan eksotisme khas Indonesia di pinggir pantai. Beruntung saat ini kita mempunyai sirkuit jalan raya kelas dunia yang sedang menuju ke homologasi tertinggi untuk sirkuit MotoGP, Grade A, di Mandalika, Lombok.

Terlepas dari perbaikan yang super cepat yang saat ini sedang dilaksanakan sebagai evaluasi pelaksanaan MotoGP Mandalika Offisial Test pada 11-13 Februari 2022 kemarin, banyak sekali cerita menarik di balik ide pembangunan serta potensi elok di masa datang yang wajib kita ketahui bersama.

Mandalika merupakan Kawasan seluas hampir 1.400 hektare di pinggir pantai dan perbukitan indah yang dikelola ITDC (Indonesia Tourism Developmnet Coorporation) atau PT Pengambangan Wisata Indonesia (Persero).

Pada masa mendatang akan dilengkapi dengan sejumlah hotel berkapasitas 20.000 kamar, 325.000 m2 komersial area, lapangan golf 27 hole, 12 Ha International/Branded Theme Park dan yang paling menarik adalah tersedianya sepanjang 16 km garis pantai.

Sirkuit MandalikaMPGA/M.Wahab Sirkuit Mandalika

Selain itu, Mandalika International Street Circuit sendiri ditempatkan di tengah kawasan tersebut dan diproyeksikan sebagai crowed puller atau lokasi yang bisa menarik kunjungan wisata dan memicu naiknya traffic.

Belum lagi adanya empat upacara adat dalam 1 tahun berlangsung di sekitar kawasan itu dan yang paling terkenal adalah Bau Nyale Festival dengan lokasi di sekitar Bukit Seger, tepat di sebelah tikungan 10 Sirkuit Mandalika.

Untuk operator penyelenggaraan event Mandalika International Street Circuit, ITDC menunjuk cucu perusahaannya yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Budaya dan dampak positif

Sedikit saya membahas soal Bau Nyale Festival, peristiwa ini tak lepas dari legenda Putri Mandalika yang terkenal sangat cantik dan direbutkan para pangeran untuk mempersuntingnya.

Persaingan itu berdampak ancaman terhadap kerukunan dan keutuhan seluruh masyarakat Lombok. Karena ingin mempertahankan kerukunan yang sudah terjadi, suatu hari Putri Mandalika bersemedi dan mendapat wangsit untuk mengundang seluruh pangeran yang ingin melamarnya di Bukit Seger.

Alih-alih memilih, Putri Mandalika justru memutuskan tidak menunjuk siapa-siapa karena menyatakan cintanya untuk semua masyarakat yang disayangi dan dirinya kemudian terjun ke laut.

Seluruh orang yang hadir sontak langsung ikut menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan Putri Mandalika. Namun tak ada satu pun yang berhasil menemukannya. Setelah kepergian Putri Mandalika, muncul cacing warna-warni dengan jumlah yang sangat banyak di pantai tempat Putri Mandalika hilang, hewan itu kemudian disebut "nyale".

Festival ini selalu diadakan pada tanggal 20 bulan 10 menurut kalender Sasak atau di tahun ini akan berlangsung pada 20 Februari 2022. Cerita atau budaya yang saya ceritakan di atas sudah pasti akan menjadi pelengkap cerita keindahan dan kecantikan sirkuit mandalika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com