M Wahab S
Pengamat F1 dan Otomotif Nasional

Komentator F1, penulis lepas, founder Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif Indonesia (FK3O), Manager Operasional Shop & Drive PT Astra otoparts Tbk (1999 - 2001), General Manager PT Artha Puncak Semesta Indonesia. Akun twitter : @emwees.

kolom

Mandalika, Bisa!

Kompas.com - 21/02/2022, 15:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Tidak salah pendapat saya di tulisan sebelumnya bahwa sirkuit yang paling tepat untuk Indonesia saat ini adalah sirkuit jalan raya. Bahkan tidak salah pula alasan saya bahwa akan berat sekali apabila pihak swasta yang membangun sirkuit permanen baru dengan alasan investasi.

Nilai investasi Rp 1.2 triliun sampai Rp 1.7 triliun merupakan angka yang cukup besar dan sulit bila kita berhitung pengembalian modalnya. Pasti lebih dari 20 tahun jangka waktu investasinya selain dari beban operating dan maintenance expenses yang makin membebani.

Bersyukur, pemerintah turun tangan dengan melibatkan BUMN terkait untuk membangun sebuah sirkuit yang indah dengan eksotisme khas Indonesia di pinggir pantai. Beruntung saat ini kita mempunyai sirkuit jalan raya kelas dunia yang sedang menuju ke homologasi tertinggi untuk sirkuit MotoGP, Grade A, di Mandalika, Lombok.

Terlepas dari perbaikan yang super cepat yang saat ini sedang dilaksanakan sebagai evaluasi pelaksanaan MotoGP Mandalika Offisial Test pada 11-13 Februari 2022 kemarin, banyak sekali cerita menarik di balik ide pembangunan serta potensi elok di masa datang yang wajib kita ketahui bersama.

Mandalika merupakan Kawasan seluas hampir 1.400 hektare di pinggir pantai dan perbukitan indah yang dikelola ITDC (Indonesia Tourism Developmnet Coorporation) atau PT Pengambangan Wisata Indonesia (Persero).

Pada masa mendatang akan dilengkapi dengan sejumlah hotel berkapasitas 20.000 kamar, 325.000 m2 komersial area, lapangan golf 27 hole, 12 Ha International/Branded Theme Park dan yang paling menarik adalah tersedianya sepanjang 16 km garis pantai.

Sirkuit MandalikaMPGA/M.Wahab Sirkuit Mandalika

Selain itu, Mandalika International Street Circuit sendiri ditempatkan di tengah kawasan tersebut dan diproyeksikan sebagai crowed puller atau lokasi yang bisa menarik kunjungan wisata dan memicu naiknya traffic.

Belum lagi adanya empat upacara adat dalam 1 tahun berlangsung di sekitar kawasan itu dan yang paling terkenal adalah Bau Nyale Festival dengan lokasi di sekitar Bukit Seger, tepat di sebelah tikungan 10 Sirkuit Mandalika.

Untuk operator penyelenggaraan event Mandalika International Street Circuit, ITDC menunjuk cucu perusahaannya yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Budaya dan dampak positif

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.