Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Siap Diaspal Ulang, Ini Tikungan yang Akan Diaspal

Kompas.com - 20/02/2022, 07:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengelola Pertamina Mandalika International Street Circuit akan melakukan pengaspalan ulang. Pasalnya, sejumlah pebalap mengeluhkan kondisi sirkuit lantaran banyak batu-batu pada aspal mulai terkelupas dan terpental mengenai pebalap.

Pada Sabtu (19/2/2022), peralatan berat milik PT Pembangunan Perumahan (PP) telah tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok, dan selanjutnya akan digunakan untuk mengelupas permukaan lintasan.

Peralatan tersebut juga akan dipakai untuk melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP) sambil menunggu kedatangan sisa peralatan.

Baca juga: Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

Alat berat yang digunakan dalam proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia 2022. Dok. MPGA Alat berat yang digunakan dalam proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia 2022.

“Kita bergerak cepat agar perbaikan lintasan sirkuit sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ujar Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), disitat dari Antara (19/2/2022).

Menurutnya, proses pengerjaan perbaikan lintasan diharapkan selesai pada 10 Maret, sesuai target yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, mengatakan, pihaknya berkomitmen menjadikan Sirkuit Mandalika memenuhi standar keselamatan dan keamanan balapan, serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Baca juga: Bocor, Hyundai Ioniq 5 Sudah Ada di Pabrik Hyundai Cikarang

Francesco Bagnaia memperlihatkan lengannya yang memar diduga terkena kerikil lintasan Sirkuit MandalikaFoto: The-Race Francesco Bagnaia memperlihatkan lengannya yang memar diduga terkena kerikil lintasan Sirkuit Mandalika

Kabarnya, pengaspalan dilakukan di tikungan 16,5 yang menuju lintasan lurus sepanjang 507 meter, hingga ke tikungan 5,5 yang menuju tikungan 6, 7, 8 dan 9. Secara total, yang diaspal ulang mencapai sekitar 17,5 persen dari keseluruhan lintasan.

“Teknologi, metode, material, serta peralatan kerja juga menggunakan spesifikasi terbaik sesuai standar FIM,” ucap Novel.

“Kami akan melakukan pengelupasan aspal lapisan teratas lebih kurang tebalnya 4 cm dan langsung diaspal ulang,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com