Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Melepas Stiker di Bodi Motor Tanpa Meninggalkan Bekas

Kompas.com - 16/02/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan stiker atau decal kerap dilakukan oleh pemilik roda dua untuk menambah nilai estetika kendaraannya. Pasalnya, menggunakan stiker atau decal dinilai praktis dibandingkan harus mengecat kendaraan.

Selain lebih murah, pemilik kendaraan yang bosan dengan tampilan kendaraannya bisa langsung dengan mudah mencopot atau mengganti stiker. Berbeda dengan cat, proses penggantiannya lebih memakan waktu dan biaya.

Namun, beberapa stiker ada yang meninggalkan residu dari perekatnya saat dilepaskan. Hal ini tentu akan membuat tampilan bodi motor menjadi jelek dan kotor.

Baca juga: Pasang Decal di Motor, Bisa Tahan Berapa Lama?

Owner Rey Decal & Painting di Bekasi Reynalto Priyanto mengatakan, jika ingin melepas stiker atau decal sebaiknya dilakukan perlahan-lahan dan jangan berhenti.

Stiker water decal, cara modifikasi tampilan motor lebih mudahOtomania/Setyo Adi Stiker water decal, cara modifikasi tampilan motor lebih mudah

“Usahakan untuk melakukan dengan sekali tarikan. Kalau ada sisa bisa dibersihkan pakai bensin,” ucap Rey, beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Penarikan stiker terutama yang berukuran besar seperti decal cukup penting. Sebab dengan sekali tarikan tidak meninggalkan bekas lem, atau yang paling dihindari yaitu sisa-sisa stiker yang sulit dibersihkan.

Baca juga: Selain untuk Keamanan, Ini Fungsi Lain Kaca Film pada Mobil

Jika sisa-sisa stikernya keras dan sulit dibersihkan, sebaiknya gunakan remover yang banyak dijual di pasaran.

“Untuk mendapat sticker remover juga bisa dicari di toko-toko bangunan. Setelah stiker dilepas semua, lanjutkan dengan mencuci kendaraannya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com