Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2022, 18:31 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman jadi bagian yang vital dan wajib ada dalam setiap kendaraan. Sebab rem berperan penting dalam mencegah terjadinya kecelakaan. Maka kondisi berbagai komponen pada sistem ini harus selalu prima.

Namun terkadang ditemui kasus pengemudi yang tengah memacu mobilnya pada kecepatan tertentu lalu mengerem, pedal rem justru bergetar.

Dalam contoh yang lebih ekstrem, getaran yang timbul terhitung parah. Sebab pengemudi bisa merasakannya hingga ke roda kemudi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Baca juga: Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan bahwa penyebab sistem pengereman bergetar saat digunakan adalah kondisi piringan cakram yang sudah bergelombang.

"Akibat piringan cakram yang bergelombang, sehingga saat mengerem rambatannya bisa sampai ke pedal dan setir," kata Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Lebih lanjut Didi menjelaskan, piringan cakram pasti akan memiliki suhu yang panas akibat gesekan ketika berulang kali digunakan, dan itu merupakan hal normal. Sayangnya ketika piringan ini menerima suhu dingin secara mendadak seperti disiram air, piringan ini bisa mengalami deformasi.

Baca juga: Cara Benar Derek Mobil Transmisi Matik yang Mogok

"Ada bagian besi yang menjadi keras karena terkena air akibat pendinginan yang cepat," ujarnya melanjutkan.

Jika hal tersebut sudah terjadi, ada 2 solusi yang bisa dilakukan tergantung kondisi piringan cakram yang bergelombang tersebut. Pertama adalah melakukan pembubutan agar piringan cakram kembali normal. Hal ini bisa dilakukan jika piringan masih cukup tebal.

Namun apabila piringan sudah tipis dan tidak bisa dibubut lagi, Didi sangat menyarankan agar segera dilakukan penggantian piringan yang baru, agar sistem pengereman kembali normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com