Ribuan Kendaraan ke Arah Bogor Diputarbalik Saat PPKM Level 3

Kompas.com - 13/02/2022, 08:22 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada Februari 2022.

Polresta Bogor menerapkan ganjil genap untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui pembatasan mobilitas kendaraan di jalan raya.

Kompol Galih Apria, Kasatlantas Polresta Bogor Kota, mengatakan, pihaknya telah memutarbalikkan 5.779 kendaraan, yang terdiri atas 3.531 unit sepeda motor dan 2.247 unit mobil.

Kendaraan-kendaraan ini menurutnya masih nekat melintas dengan pelat nomor ganjil di tanggal genap pada akhir pekan ini.

Baca juga: Pengganti jika Terjadi Kekosongan Presiden

Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat. ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ganjil genap dilakukan secara acak di enam titik Kota Bogor, diharapkan ganjil genap ini disiplin, menunda satu hari saja untuk pergi ke Kota Bogor,” ucap Galih, dikutip dari Antara (12/2/2022).

Ia juga menambahkan, pengecekan dilakukan di enam titik Kota Bogor. Salah satu contohnya, yakni toko elektronik Irama Nusantara Jalan Merdeka.

Kemudian juga di SPBU Veteran di Jalan Veteran, Simpang Batutulis, Bundaran Air Mancur, Rumah Makan Bumi Aki, dan Simpang Baranangsiang.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Pindah Lajur di Jalan Tol Ada Aturannya

Sebuah mobil yang ditindak polisi pada Kamis (26/7/2018). Dari foto, terlihat mobil yang ditindak menggunakan dua pelat nomor, masing-masing B 2276 TZA dan B 2279 TZA. Tujuannya untuk mengakali peraturan ganjil genap. Instagram/TMC Polda Metro Jaya Sebuah mobil yang ditindak polisi pada Kamis (26/7/2018). Dari foto, terlihat mobil yang ditindak menggunakan dua pelat nomor, masing-masing B 2276 TZA dan B 2279 TZA. Tujuannya untuk mengakali peraturan ganjil genap.

“Karena itu ganjil genap, bersama kebijakan pembatasan mobilitas lain, diperlukan untuk menekan penularan saat berlibur di akhir pekan,” kata Galih.

Galih menambahkan, pemilihan waktu ganjil genap pada akhir pekan memang diantisipasi untuk menekan mobilitas masyarakat. Baik yang sekadar berlibur, atau aktivitas lain yang menimbulkan kerumunan.

“Arus kendaraan menurun, baik yang keluar tol maupun di jalanan Kota Bogor,” ujar Galih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.