Mengenal Pelek Spoke Wheel dan Casting Wheel Sepeda Motor

Kompas.com - 10/02/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek menjadi salah satu komponen penting sepeda motor yang menjadi rumah dari ban sekaligus menjaga kestabilan motor saat berkendara.

Tidak hanya itu, pelek juga mempercantik tampilan motor. Pelek motor tersedia dalam berbagai pilihan model dan warna.

Secara umum, ada dua jenis pelek yang paling banyak digunakan pada motor saat ini yaitu pelek spoke wheel (pelek jari-jari) dan pelek casting wheel (pelek palang).

Baca juga: Kebiasaan Ini Bikin Pelek Jari-jari Motor Cepat Rusak

1. Pelek jari-jari

Pelek ini merupakan jenis pelek yang paling sering ditemui pada motor-motor keluaran lama. Perbedaannya dengan pelek palang ialah rangkanya yang terdiri dari susunan tangkai-tangkai besi, dirangkai silang-menyilang.

Pada pelek jari-jari, bagian-bagiannya bisa dipisah. Ada tiga bagian pelek jari-jari, yaitu tromol, pelek dan jari-jarinya. Sehingga, jika salah satu rangka rusak, pemilik masih bisa mengganti hanya bagian yang rusak saja, bukan keseluruhan pelek.

Dari segi ketahanan, pelek jenis ini lebih kuat menahan guncangan dan tidak mudah patah. Adanya rangka jeruji pada pelek tersebut membantu meminimalisir dan meredam guncangan yang disebabkan oleh medan yang dilalui ban.

Saat ini, pelek jari-jari lebih banyak digunakan untuk motor yang dipakai melewati medan tangguh seperti motor off-road. Karena pelek ini tidak mudah patah, dan lebih elastis jika dipakai untuk mengarungi jalan yang berlubang dan banyak bebatuan.

Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021Kompas.com/Donny Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021

2. Pelek palang

Pelek palang adalah salah satu jenis pelek yang paling banyak ditemui pada motor-motor keluaran baru. Berbeda dengan pelek jari-jari, model yang tersedia untuk pelek jenis ini cenderung lebih beragam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.