Ekspansi Eropa, TVS Motor Akuisisi Swiss E-Mobility Group

Kompas.com - 03/02/2022, 16:33 WIB
|

CHENNAI, KOMPAS.com - TVS Motor Company resmi mengakuisisi 75 persen saham Swiss E-Mobility Group (SEMG). Akuisisi ini merupakan langkah serius TVS terjun di bidang elektrifikasi.

Akuisisi SEMG juga merupakan bentuk ekspansi ke Eropa sebagai merek premium dengan teknologi kelas atas, termasuk Norton Motorcycles dan EGO Movement yang baru saja diakuisisi.

Baca juga: Cek Harga Honda Vario 125 Bekas, Mulai Rp 6 Jutaan

Venu Srinivasan, Pimpinan TVS Motor Company, mengatakan, TVS Motor selalu berkomitmen untuk keberlanjutan dan telah berinvestasi di dunia kendaraan listrik selama lebih dari satu dekade.

TVS Motor CompanyFoto: TVS TVS Motor Company

"Fokus pada kebutuhan secara global yang terus meningkat, demi mengakomodasi kebutuhan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, TVS Motor pun berinvestasi besar untuk mendorong perubahan ini,” katanya dalam rilis resmi, Kamis (3/2/2022).

SEMG merupakan penyedia sekaligus pemberi solusi semua kebutuhan kendaraan listrik atau electric (e-mobility) terkemuka di pasar global, khususnya di wilayah DACH.

SEMG memproduksi dan melayani penjualan ritel e-bike terbesar di Swiss dengan pendapatan mendekati 100 juta dolar Amerika.

Sebagai perusahaan, SEMG memiliki reputasi yang baik di dunia kendaraan listrik di Swiss yang cukup bergengsi, termasuk brand Cilo, Simpel, Allegro, dan Zenith–Bikes.

Baca juga: Antisipasi Omicron, Dyandra Siapkan Jadwal Cadangan Pelaksanaan IIMS 2022

TVS Ntorq 125Foto: KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125

Adapun E-bike sendiri semakin masif di Eropa. Sepeda listrik saat ini memantapkan diri sebagai bentuk nyata kendaraan atau alat transportasi secara personal di Eropa.

E-bike meningkat karena mudah digunakan, kemudian peraturan Eropa yang mendukung, dan persepsi keseluruhan sebagai bentuk transportasi yang berkelanjutan.

Saat ini penetrasi E-Bike sekitar 15 persen dari total populasi sepeda di Eropa. Adapun pasar sepeda elektronik memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan yaitu 18 persen tiap tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.