Mulai Peduli dengan Emisi, Konsumsi Pertamax dan Dexlite Naik

Kompas.com - 02/02/2022, 20:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan bahwa tren konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berkualitas terus menunjukkan peningkatan signifikan di Indonesia sepanjang masa Satuan Tugas (Satgas) lalu.

Pada periode tersebut yaitu 29 November 2021 hingga 10 Januari 2022, peningkatan konsumsi Pertamax hampir mencapai level 5 persen, mirip peningkatan konsumsi Pertalite.

"Keudian untuk Dexlite, meningkat hingga lebih 26 persen. Jadi terdapat kecenderungan masyarakat kini sudah lebih peduli untuk merawat mesin maupun lingkungannya," kata Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, SH C&T Irto Ginting, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Update City Car Februari 2022, Suzuki Kerek Harga Ignis

Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi SPBU Pertamina.

Lebih jauh, menurut Irto pada Januari 2022, tren peningkatan konsumsi BBM berkualitas juga dibuktikan dengan meningkatnya proporsi konsumsi masyarakat secara nasional.

Kala itu, konsumsi Pertamax secara nasional meningkat hampir 14 persen. Sementara untuk jenis diesel, Dexlite juga terus menunjukkan peningkatan meskipun masih kecil di angka 2 persen.

“Pertamina Patra Niaga akan terus melanjutkan edukasi dan mendorong penyaluran BBM berkualitas untuk dapat dinikmati masyarakat sebagai komitmen kami mendukung energi yang lebih baik bagi lingkungan," ujar dia.

Sebab menurut data, lebih dari 70 persen polusi udara disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor yang berasal dari kandungan sulfur dari BBM.

Karenanya, Pertamina lanjut Irto, memang terus menawarkan produk berkualitasnya seperti Pertamax Series dan Dex Series sebagai bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan modern.

Baca juga: Target Penjualan Honda Vario 160 Nyaris 40.000 Unit Per Bulan

Ilustrasi SPBU PertaminaDOK. PERTAMINA Ilustrasi SPBU Pertamina

“Mesin kendaraan tentu akan lebih terjaga dengan adanya zat aditif untuk membersihkan mesin, performa pun tidak perlu ditanya. Selain itu juga, produk-produk ini kadar sulfurnya rendah, jadi lebih ramah lingkungan," katanya.

"Ke depan Pertamina komitmennya adalah terus meningkatkan kualitas produk BBM baik secara spek untuk mesin yakni yang saat ini minimal RON 91 dan CN 51, maupun dari kadar sulfurnya agar sesuai dengan standar Euro,” lanjut Irto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.