Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Tiap Jok Motor Ada Satu Kucing Akan Mencakar

Kompas.com - 31/01/2022, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernah mengalami jok motor yang rusak karena cakar kucing? Kejadian ini telah banyak menimpa pemilik motor di Indonesia.

Bahkan kebiasaan kucing mencakar jok motor tersebut akan dilakukan berulang-ulang.

Namun, jika diperhatikan dengan seksama, si kucing pelaku yang membuat jok motor terkoyak hanya seekor saja. Tidak akan ada kucing lain yang mencakar di jok motor yang sama.

Dokter Hewan Nurul Hafsari dari DNA Animal Clinic Bogor mengatakan, perilaku mencakar jok motor adalah bentuk cara kucing memberikan tanda batas wilayah kekuasaan pada objek dalam hal ini jok motor. Nah, kalau diperhatikan kucing yang mencakar jok motor hanya dilakukan oleh hewan yang sama dan berulang-ulang.

Baca juga: Ampuhkah Lotion Lindungi Jok Motor dari Cakaran Kucing?

“Misalnya ada kucing A, gemar mencakar atau menggaruk jok motor. Nah biasanya yang akan mencakar jok motor itu adalah si kucing A saja, ” kata Nurul baru-baru ini pada Kompas.com.

Karena kucing A telah memberi tanda wilayah kekuasaanya, maka jika tidak ada kucing lain yang mencakar di jok tersebut.  Jika  kucing lain ingin menggaruk, mereka akan melakukannya di motor yang lain. 

Saat kucing menggaruk, ada kelenjar yang mengeluarkan bau atau aroma dari setiap kucing. Kelenjar tersebut berasal dari kuku kucing.

Kucing punya indera penciuman yang sensitif. Jadi, menaruh bau-bau tertentu, seperti lemon, jeruk, lavender, hingga bubuk kopi bisa menjadi cara mengusir kucing yang cukup efektif.Unsplash/Kaiwen Sun Kucing punya indera penciuman yang sensitif. Jadi, menaruh bau-bau tertentu, seperti lemon, jeruk, lavender, hingga bubuk kopi bisa menjadi cara mengusir kucing yang cukup efektif.

Menurut kucing, bau masing-masing kucing berbeda. Meskipun manusia tidak bisa mencium perbedaanya, sudah ada aroma yang di tinggalkan kucing di jok motor.

Aroma tersebut sebagai tanda wilayah kekuasaan yang dibuat kucing. Maka dari itu, kucing lain tidak akan menyalurkan kebiasaan mencakar jok motor yang sama jika telah diberi tanda oleh kucing A.

Kucing ini makhluk individu sehingga menjaga teritorialnya. Jadi hanya satu kucing itu saja yang akan menggaruk di jok motor,” kata Nurul. 

Baca juga: Nissan Bekali X-Trail dengan e-Power

Pada dasarnya kucing adalah hewan teritorial sehingga saat menggaruk suatu benda misalnya jok motor, sofa atau karpet menandakan wilayah kekuasaan mereka.

Kalau di dalam rumah sofa, karpet atau beda tinggi yang dapat kucing jangkau, lumayan bertekstur tidak terlalu halus menjadi ojek kegemaran kucing untuk mencakar.

Apabila kucing berada di luar rumah atau dekat dengan motor, jok motor adalah sasaran untuk mencakar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com