Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jikalau Nekat Pakai Oli Mobil untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 29/01/2022, 07:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mobil dan oli motor memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pelumas mesin dan mengurangi daya gesek yang terlalu berlebih.

Meski begitu, keduanya diformulasikan sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin. Kandungan dan tingkat kekentalannya berbeda, disesuaikan dengan mesin motor.

Masih ada pengguna kendaraan roda dua yang menjadikan oli mobil sebagai alternatif pengganti untuk mesin motor. Walaupun mungkin cocok pada beberapa mesin motor, penggunaan yang tidak sesuai dapat merusak mesin.

Baca juga: Perbedaan Electronic Parking Brake dan Rem Parkir Biasa

"Dampaknya banyak. Kalau terlalu kental, akan mengganggu sistem pelumasan di mesin dan bisa selip kopling," jelas Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) pada Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Jika mesin terus dipaksa bekerja dengan sistem pelumasan yang terganggu, mesin bisa overheat dan pada akhirnya rusak.

Endro juga menjelaskan, pemakaian oli tanpa melihat kesesuaian JASO dapat membuat mesin rusak.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Bintang Motor Depok, mengatakan, penggunaan yang tepat tidak akan merusak mesin motor.

Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.

"Bisa dipakai, dan tidak menimbulkan kerusakan pada mesin tersebut. Ketentuannya juga harus memastikan, sesuai dengan JASO-nya," jelas Ribut pada Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Pada kemasan oli, JASO MB melambangkan komponen oli yang cocok digunakan untuk motor matik atau motor dengan kopling kering. Sedangkan JASO MA diformulasikan untuk motor manual atau kopling basah.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rugi Pemilik Mobil Transmisi Manual

Penggunaan yang tidak sesuai spesifikasi tidak hanya merusak mesin, namun berpotensi membahayakan keselamatan pengemudi motor.

Senada dengan Endro, Ribut mengatakan bahwa pemakaian tidak tepat dapat membuat kopling motor selip.

"Oli matik dipakai manual, cenderung dapat menyebabkan koplingnya selip. Tentunya, performa mesin tidak maksimal," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com