Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Estimasi Harga All New Honda HR-V | Pemerintah Mulai Uji Coba Bensin Sawit RON 115

Kompas.com - 27/01/2022, 06:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini All New Honda HR-V terlihat sedang syuting di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Ada dua mobil yang tertangkap kamera, satu berwarna merah dan krem.

Business Innovation & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak mengelak soal kehadirann All New HR-V di Indonesia. Hanya saja dirinya belum mau membicarakan terkait peluncuran resminya.

"Terlepas yang di foto itu model apa, model tersebut memang sudah diluncurkan di negara lain, tetapi model yang ada saat ini masih sangat baik performa penjualannya di Indonesia," kata Billy saat dihubungi Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Selain itu, menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB), pemerintah mulai melakukan uji coba pembuatan bensin dengan minyak sawit industri (Bensa) skala demo plant. Hal ini dilakukan menyusul kesuksesan Biodesel dan Bioavtur sebelumnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam kunjungan Lapangan Produksi Bensa Skala Pilot di Kudus, Jawa Tengah, mengatakan, ide dari bensin dan sawit sudah lama diinisiasi ITB, yang kemudian dua tahun lalu didorong agar bisa scale up dari hasil slaka laboratorium.

"Dari skala pilot plantnya yang ada sekarang ini 1.000 liter umpan per hari, itu sudah bisa dihasilkan juga bahan bakar Bensa yang pada saat katalisnya masih segar bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115, bahan bakar yang berkualitas tinggi," kata Arifin dalam keterangan resminya, Selasa (25/1/2022).

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Rabu (26/1/2022):


1. Estimasi Harga All New Honda HR-V

Honda All New HR-V hybrid yang sudah meluncur di Thailand pada November 2021Sattaphan Kantha Honda All New HR-V hybrid yang sudah meluncur di Thailand pada November 2021

"Untuk waktu peluncuran model baru, tentu saja kami akan menyesuaikan dengan kondisi pasar dan kebutuhan konsumen yah," ujarnya.

Sebelumnya, All New HR-V ini sudah didaftarkan pada database Samsat DKI Jakarta, tepatnya di Oktober 2021.

Pada data tersebut terlihat Nilai Jual Beli Kendaraan (NJKB) ata harga dasar dari All New HR-V. Jika diperhatikan, terdapat empat varian yang tertulis, yakni HR-V 1.5L E CVT, HR-V 1.5L S CVT, HR-V 1.5L SE CVT, dan HR-V 1.5T RS CVT.

Bisa dilihat, varian dengan mesin 1.8 sudah tidak hadir dan model tertinggi menggunakan mesin 1.5T yang kemungkinan arti dari huruf T tersebut adalah Turbocharge.

Baca juga: Estimasi Harga All New Honda HR-V

2. Pemerintah Mulai Uji Coba Bensin Sawit RON 115

Menteri ESDM uji coba bensin sawitESDM Menteri ESDM uji coba bensin sawit

Menurut Arifin, Bensa sudah sesuai dengan tuntutan zaman di mana masyarakat dunia sudah lebih peduli dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan. Nantinya akan mengarah ke energi yang bersi, energi yang bisa terbarukan.

Tak hanya itu, Arifin juga menjelaskan bahwa Bensa merupakan salah satu jenis bahan bakar nabati (BBN) yang perlu didorong pengembangannya guna mencapai kemandirian energi dengan mengurangi impor, baik Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun LPG, yang terbukti membebani keuangan negara.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com