Kenapa Leher Knalpot Motor Mudah Keropos dan Berkarat?

Kompas.com - 23/01/2022, 13:21 WIB
Ilustrasi leher knalpot karat hourex150l.wordpress.comIlustrasi leher knalpot karat
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Leher knalpot sepeda motor merupakan salah satu bagian yang rawan berkarat bahkan keropos. Apalagi jika motor terkena banjir atau pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

Hal ini dikarenakan posisinya yang berada di bawah dan terbuka. Kondisi knalpot yang berkarat hingga keropos ini bisa membuat knalpot bocor. Knalpot bocor ini bisa kita deteksi dari suara yang berubah.

Baca juga: Pengakuan Sopir Truk yang Menyebabkan Kecelakaan Beruntun Balikpapan

Sedangkan jika dilihat dari performa sepeda motor, tentu saja tenaga motor menjadi agak ngempos dan tarikan terasa berat. Konsumsi bensin juga bisa lebih boros karena efek tarikan yang lebih berat akibat knalpot bocor.

Instruktur Service Yamaha Jatim Dwi Suwanto mengatakan, alasan utama leher knalpot bisa keropos atau berkarat biasanya terjadi karena perubahan suhu sehingga terjadi oksidasi yang menimbulkan karat.

knalpot berkaratKompas.com/Fathan knalpot berkarat

"Leher knalpot keropos dikarenakan bagian leher tersebut sering terjadi perubahan suhu dari dingin ke panas dan terkena panas terus menerus dari sisa proses pembakaran. Sehingga logam di bagian knalpot struktur logamnya akan berubah dan mudah terjadi oksidasi yang menimbulkan karat," kata Dwi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/1/2022).

Untuk mengantisipasi hal ini, Dwi menyarankan untuk mengganti leher knalpot yang baru jika sudah mengalami keropos bahkan sampai bolong.

Baca juga: Bertemu Mobil Pelat Nomor Dewa Minta Jalan, Lebih Baik Mengalah

"Atau cari bahan leher knalpot yang lebih tebal dan tahan temperatur tinggi atau sebagian leher knalpot di beri pelapis anti karat," kata dia.

Jika memilih cara yang lebih murah, knalpot yang keropos dan belum terlalu parah bisa dilakukan pengelasan pada bagian yang keropos.

Sebaiknya perhatikan bagian leher knalpot jika motor habis terendam banjir. Segera bersihkan dan beri cairan penetran sebelum munculnya karat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.