Polri Sebut Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan karena Rem Blong

Kompas.com - 21/01/2022, 16:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mabes Polri menurunkan tim analisis kecelakaan dalam rangka menyelidiki insiden tabrakan beruntun oleh sebuah truk di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, mengatakan, polisi kini tengah melakukan pemeriksaan terhadap sopir kendaraan besar tersebut.

“Keterangan supir truk tronton, pompa angin rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan terjadinya rem blong,” ujar Dedi, dikutip dari NTMC Polri (21/1/2022).

Baca juga: Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan, Kenapa Sopir Tidak Buang Badan Truk ke Kiri?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh B Channel (@b_channel_indonesia)

 

Menurut Dedi, tim Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri masih berupaya memastikan penyebab utama terjadinya kecelakaan tersebut.

“Untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab kecelakaan menonjol tersebut yang mengakibatkan saat ini lima orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka,” ucap dia.

Seperti diketahui, kecelakaan maut terjadi di turunan Muara Rapak, Balikpapan Utara. Insiden ini bisa dibilang kembali terulang seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Sah, Daihatsu Mulai Turunkan Harga Ayla dan Sigra

Detik-detik kecelakaan maut di Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara pagi ini, Jumat (21/1/2022).HO/Tangkapan Layar CCTV DISHUB BALIKPAPAN Detik-detik kecelakaan maut di Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan Utara pagi ini, Jumat (21/1/2022).

Kecelakaan kali ini melibatkan truk bermuatan kontainer dengan sekitar 20 kendaraan roda dua maupun roda empat. Kejadian itu terjadi pada Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 WITA.

Kejadian bermula saat truk tronton bermuatan kontainer warna merah bernomor polisi KT 8534 AJ yang dikemudikan Muhammad Ali (48) warga Jalan Tanjungpura Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota, melaju dari arah kilo menuju simpang lima lampu merah Muara Rapak.

Truk kontainer yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton itu hendak menuju Kampung Baru.

Baca juga: Ini Fungsi Tuas pada Spion Tengah di Mobil

Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim

Namun, saat melintas di Km 0,5 tepatnya di depan Rajawali Foto, kondisi pengereman truk mulai tidak berfungsi. Sopir pun mencoba mengurangi perseneling dari 4 ke 3.

Namun, sesampainya di depan Bank Mandiri, sistem pengereman tidak berfungsi total, dan truk nahas tersebut meluncur turun dengan kecepatan tinggi.

Truk tronton yang tidak terkendali pun langsung menghantam kendaraan yang ada di depannya. Ada 14 sepeda motor dan enam unit mobil yang ditabrak oleh truk nahas itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.