Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polri Sebut Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan karena Rem Blong

JAKARTA, KOMPAS.com – Mabes Polri menurunkan tim analisis kecelakaan dalam rangka menyelidiki insiden tabrakan beruntun oleh sebuah truk di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, mengatakan, polisi kini tengah melakukan pemeriksaan terhadap sopir kendaraan besar tersebut.

“Keterangan supir truk tronton, pompa angin rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan terjadinya rem blong,” ujar Dedi, dikutip dari NTMC Polri (21/1/2022).

Menurut Dedi, tim Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri masih berupaya memastikan penyebab utama terjadinya kecelakaan tersebut.

“Untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab kecelakaan menonjol tersebut yang mengakibatkan saat ini lima orang meninggal dunia dan 14 orang luka-luka,” ucap dia.

Seperti diketahui, kecelakaan maut terjadi di turunan Muara Rapak, Balikpapan Utara. Insiden ini bisa dibilang kembali terulang seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Kecelakaan kali ini melibatkan truk bermuatan kontainer dengan sekitar 20 kendaraan roda dua maupun roda empat. Kejadian itu terjadi pada Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 WITA.

Kejadian bermula saat truk tronton bermuatan kontainer warna merah bernomor polisi KT 8534 AJ yang dikemudikan Muhammad Ali (48) warga Jalan Tanjungpura Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota, melaju dari arah kilo menuju simpang lima lampu merah Muara Rapak.

Truk kontainer yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton itu hendak menuju Kampung Baru.

Namun, saat melintas di Km 0,5 tepatnya di depan Rajawali Foto, kondisi pengereman truk mulai tidak berfungsi. Sopir pun mencoba mengurangi perseneling dari 4 ke 3.

Namun, sesampainya di depan Bank Mandiri, sistem pengereman tidak berfungsi total, dan truk nahas tersebut meluncur turun dengan kecepatan tinggi.

Truk tronton yang tidak terkendali pun langsung menghantam kendaraan yang ada di depannya. Ada 14 sepeda motor dan enam unit mobil yang ditabrak oleh truk nahas itu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/21/162434315/polri-sebut-kecelakaan-truk-di-rapak-balikpapan-karena-rem-blong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke