Viral, Video Tangki BBM Toyota Kijang Lawas Diisi Minyak Goreng

Kompas.com - 21/01/2022, 16:16 WIB
Tangki BBM Toyota Kijang lawas dicampur dengan minyak goreng Dok. TikTok @dwiachmadi96Tangki BBM Toyota Kijang lawas dicampur dengan minyak goreng

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, viral di media sosial video seseorang yang sedang mengisi bahan bakar. Uniknya, saat mengisi bahan bakar, tangki tersebut juga diisi dengan minyak goreng.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @dwiachmadi96, terlihat Kijang lawas bermesin diesel tersebut diisi dengan minyak goreng sebelum mengisi solar di SPBU.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Mobil Diesel Diisi Solar Kualitas Rendah

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tidak tahu cairan tersebut apakah benar minyak goreng atau lainnya.

@dwiachmadi96 Kijang dg BBM Baru...#kijangdiesel #Minyakgoreng #kijangtiadaduanya #kijangkapsulcommunityindonesia #foryoupage ? suara asli - Group otomotif 1990

"Kalau diesel, kan pakai biosolar yang ada kadar FAME (Fatty, Acid, Methyl, Ether), seperti minyak goreng. Tapi, gunanya ditambah saya tidak tahu apa efeknya," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dari komentar pada unggahan tersebut, ada yang mengatakan bahwa penambahan minyak goreng pada mesin diesel mobil lawas dapat membuat tarikannya menjadi ringan.

Baca juga: Beda Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel 2.800 cc dengan 2.400 cc

"Saya tidak tahu, karena tidak risetnya. Kecuali memang biosolar, karena biosolar ada kandungan FAME dari kelapa sawit," kata Didi.

Ilustrasi Mesin Diesel Pengguna Solarstanly Ilustrasi Mesin Diesel Pengguna Solar

Menurut Tri Yuswidjajanto, dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), mencampur solar dengan minyak goreng tidak menimbulkan dampak apa-apa.

"Minyak goreng itu bisa dijadikan bahan bakar untuk mesin diesel. Apalagi, mesinnya bukan common rail, masih direct injection biasa," kata Tri.

Tri menambahkan, kalau pun minyak goreng yang digunakan sampai 30 persen, seperti B30 sekarang, mesin tetap bisa berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.