Musim Hujan Jangan Lupa Cek Wiper, Ganti Jika Sudah Jelek

Kompas.com - 20/01/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAs.com - Memasuki akhir Januari 2022 curah hujan di beberapa wilayah Indonesia masih cukup tinggi. Buat pemilik mobil harap memperhatikan kondisi wiper kaca depan.

Meski dianggap sepele wiper memiliki fungsi penting untuk mengusap air. Terlebih di musim hujan, jika kinerja wiper tidak maksimal maka akan menggangu penglihatan pengemudi.

Baca juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat SMS

Salah satu contoh pentingnya wiper di musim hujan dapat dilihat dari video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia. Memperlihatkan mobil yang terkeca cipratan air dari mobil lain.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Kaca depan mobil terkena cipratan air cukup keras saat mobil di sebelahnya melaju melewati genagan air. Seketika kondisi kaca depan lagsung buram tertutup air, sehingga butuh wiper untuk menyapu permukaan.

Ketika musim kemarau, wiper memang jarang digunakan, tetapi saat musim hujan, perannya jadi sangat krusial.

Sama seperti komponen kendaraan lain, wiper juga perlu diganti secara rutin. Jadi ketika musim hujan, wiper tetap berfungsi sebagaimana mestinya, menyapu air yang menempel di kaca dengan baik.

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia, mengatakan ada tiga indikator wiper harus ganti karena jika tidak ganti maka kemampuan menyapu airnya berkurang.

Baca juga: Siap-siap, Polisi Bakal Gelar Street Race buat Komunitas Mobil

Wiper mobil disaat hujanwww.backfromthebrink.org Wiper mobil disaat hujan

“Kapan mengganti wiper lama dengan yang baru, ada tiga indikator. Pertama jika sapuan wiper tidak menyisakan setetes air, itu artinya kondisi masih bagus,” ucapnya saat telekonferensi belum lama ini.

Kedua, jika setelah menyalakan wiper dan di kaca menyisakan garis-garis air atau di bagian tepi tidak tersapu dengan baik, artinya segera rencanakan untuk membeli wiper baru.

“Terakhir, jika masih ada sisa air dan berkabut, artinya harus segera ganti wiper dengan yang baru. Kalau bisa jangan sampai berkendara dengan mobil itu sebelum ganti wiper, karena saat hujan lebat bisa membahayakan,” kata dia.

Wiper sebaiknya diganti antara enam bulan sampai satu tahun sekali. Jika wiper sudah mengalami beberapa indikator yang disebutkan di atas, lebih baik segera rencanakan untuk ganti baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.