Siap-siap, Polisi Bakal Gelar Street Race buat Komunitas Mobil

Kompas.com - 20/01/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang street race untuk para pelaku balap liar yang digelar Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) sukses terlaksana di Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (16/1/2022).

Kepolisian pun sudah berencana untuk menggelar ajang ini secara rutin di beberapa wilayah di Jabodetabek.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengatakan, ke depan ajang street race juga akan menyasar komunitas mobil.

Baca juga: Pelat Dewa Kini Tak Sakti Lagi, Kena Razia Ganjil Genap hingga Lampu Rotator

Para joki saat melakukan balapan dalam ajang street race di Ancol, Jakarta Utara, Monggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para joki saat melakukan balapan dalam ajang street race di Ancol, Jakarta Utara, Monggu (16/1/2022).

“Jadi saya pikir kalau ini bisa reguler kita laksanakan, mudah-mudahan mereka benar-benar bisa hilang (balap liar). Hilang sama sekali mungkin tidak, tapi setidaknya mengurangi,” ujar Sambodo, kepada Kompas.com (19/1/2022).

“(Mobil) kami siapkan, cuma kan memang mobil komunitasnya lebih sedikit. Kemudian areanya kan harus lebih lebar. Paling enggak 8 meter (lebar), 4 meter kiri, 4 meter kanan, dua jalur. Ada area pengereman, segala macam, itu harus ada,” kata dia.

Meski begitu, Sambodo berujar bahwa pihaknya masih mencari lokasi yang sesuai untuk street race komunitas mobil.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pemotor Kecelakaan di Flyover Pesing

Polres Tangerang Selatan tinjau lokasi street race BSDNTMC Polri Polres Tangerang Selatan tinjau lokasi street race BSD

“Kami lagi cari lokasinya. Kalau mobil belum (lokasinya). Nanti rencana saya mau survei ke BSD, katanya ada di BSD. Mobil mungkin lebih seru lagi,” ucap Sambodo.

Sambodo juga menambahkan, dengan terselenggaranya street race, laporan soal balap liar yang biasa terjadi pada malam hari telah berkurang.

“Lumayan turun (yang balap liar). Saya kan suka monitor, para Kasat laporan kalau malam, sudah kosong,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.