Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tali Melintang di Jalan, Bisa Bikin Celaka Pengendara Motor

Kompas.com - 20/01/2022, 13:48 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang gelap sering kali menimbulkan ketakutan pada sebagian pengendara. Sehingga, menimbukan efek psikologis ingin cepat-cepat melewati daerah tersebut.

Sehingga, tak sedikit yang memilih untuk meningkatkan laju kendaraannya saat melewati jalan yang gelap dan sepi. Sehingga, menurunkan faktor keselamatan karena terbatasnya visibilitas.

Padahal, visibilitas merupakan faktor yang sangat krusial dalam hal mengemudi atau berkendara, karena berhubungan dengan tingkat keselamatan.

Baca juga: Berkendara Saat Gelap, Bahaya Bisa Datang dari Mana Saja

Apalagi, jika sampai terjadi kasus seperti dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @medanku. Dalam video tersebut, terlihat ada tali yang melintang di jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Medan KU ( Medan Talk ) (@medanku)

Dengan keadaan jalanan yang gelap tanpa adanya lampu penerangan jalan, kondisi ini tentu sangat membahayakan bagi para pengendara, khususnya sepeda motor.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, salah satu cara mengemudi yang aman adalah dengan memiliki visibilitas seluas-luasnya.

Baca juga: Bahaya Mengebut di Jalan Gelap

“Dibutuhkan penerangan dari luar, seperti lampu jalan atau kendaraan. Tapi kalau pandangan masih terbatas, maka kecepatan yang diperlambat untuk menyesuaikan kemampuan mata dalam melihat,” ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jalan raya Gas Alam, Cimanggis, Depok yang minim penerangan, Senin (2/4/2019).KOMPAS. COM/CYNTHIA LOVA Jalan raya Gas Alam, Cimanggis, Depok yang minim penerangan, Senin (2/4/2019).

Dengan mengurangi laju kendaraan, maka dapat meningkatkan kemampuan pengendara membaca dan mengantisipasi situasi di depan. Sebab, berkendara dalam gelap, ada saja bahaya yang tidak terlihat oleh pengendara.

“Enggak ada yang salah dengan kondisi lingkungan yang gelap. Kembali lagi kepada cara pengemudi dalam menentukan kecepatan yang aman,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com