Ada Tali Melintang di Jalan, Bisa Bikin Celaka Pengendara Motor

Kompas.com - 20/01/2022, 13:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang gelap sering kali menimbulkan ketakutan pada sebagian pengendara. Sehingga, menimbukan efek psikologis ingin cepat-cepat melewati daerah tersebut.

Sehingga, tak sedikit yang memilih untuk meningkatkan laju kendaraannya saat melewati jalan yang gelap dan sepi. Sehingga, menurunkan faktor keselamatan karena terbatasnya visibilitas.

Padahal, visibilitas merupakan faktor yang sangat krusial dalam hal mengemudi atau berkendara, karena berhubungan dengan tingkat keselamatan.

Baca juga: Berkendara Saat Gelap, Bahaya Bisa Datang dari Mana Saja

Apalagi, jika sampai terjadi kasus seperti dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @medanku. Dalam video tersebut, terlihat ada tali yang melintang di jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Medan KU ( Medan Talk ) (@medanku)

Dengan keadaan jalanan yang gelap tanpa adanya lampu penerangan jalan, kondisi ini tentu sangat membahayakan bagi para pengendara, khususnya sepeda motor.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, salah satu cara mengemudi yang aman adalah dengan memiliki visibilitas seluas-luasnya.

Baca juga: Bahaya Mengebut di Jalan Gelap

“Dibutuhkan penerangan dari luar, seperti lampu jalan atau kendaraan. Tapi kalau pandangan masih terbatas, maka kecepatan yang diperlambat untuk menyesuaikan kemampuan mata dalam melihat,” ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jalan raya Gas Alam, Cimanggis, Depok yang minim penerangan, Senin (2/4/2019).KOMPAS. COM/CYNTHIA LOVA Jalan raya Gas Alam, Cimanggis, Depok yang minim penerangan, Senin (2/4/2019).

Dengan mengurangi laju kendaraan, maka dapat meningkatkan kemampuan pengendara membaca dan mengantisipasi situasi di depan. Sebab, berkendara dalam gelap, ada saja bahaya yang tidak terlihat oleh pengendara.

“Enggak ada yang salah dengan kondisi lingkungan yang gelap. Kembali lagi kepada cara pengemudi dalam menentukan kecepatan yang aman,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.