Kompas.com - 17/01/2022, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha Fazzio yang baru saja diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengusung teknologi terbaru, Blue Core Hybrid.

Berbeda dengan skutik-skutik sebelumnya, Fazzio diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar lantaran didukung mesin bakar internal, serta tenaga dari baterai.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengatakan, teknologi Blue Core Hybrid pada dasarnya merupakan pengembangan dari teknologi Blue Core yang pertama kali diterapkan pada Mio M3 di tahun 2014.

Baca juga: Skutik Retro Yamaha Fazzio Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

“Hybrid ini adalah next generation-nya Blue Core. Jadi harapannya ini bisa menjadi paket yang pas untuk konsumen, dengan desain baru, dengan fitur-fitur baru, dan dengan teknologi baru,” ucap Antonius, kepada wartawan di Jakarta (17/1/2022).

Antonius mengatakan, Fazzio pada dasarnya memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan skutik 125 cc Yamaha sebelumnya. Misalnya, motor ini tidak dilengkapi baterai tambahan, hanya baterai atau aki bawaan motor.

“Jadi baterai tetap baterai yang ada di motor atau aki. Cara kerjanya, di motor ini, kami ada electric power assist start, yang itu membantu dan simultan dengan engine, itu membantu tarikan awal mesin di 3 detik pertama,” ujar Antonius.

Baca juga: Harga LCGC Sebelum Diskon PPnBM, Bulan Ini Sudah Ada yang Naik

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

“Jadi tenaga yang dikeluarkan oleh mesin pada saat akselerasi awal, itu dibantu electric power assist start tadi,” kata dia.

Menurutnya, 3 detik pertama saat melaju adalah kunci buat sepeda motor untuk berakselerasi. Pada saat itulah teknologi Blue Core Hybrid bekerja.

“Kenapa 3 detik pertama? Karena di situlah titik di mana membutuhkan tenaga yang besar. Apalagi pada saat boncengan, menanjak, atau pada saat bawa barang. Di situlah hybrid-nya bekerja,” kata Antonius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.