Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Kerja Teknologi Hybrid Yamaha Fazzio

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Fazzio yang baru saja diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengusung teknologi terbaru, Blue Core Hybrid.

Berbeda dengan skutik-skutik sebelumnya, Fazzio diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar lantaran didukung mesin bakar internal, serta tenaga dari baterai.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengatakan, teknologi Blue Core Hybrid pada dasarnya merupakan pengembangan dari teknologi Blue Core yang pertama kali diterapkan pada Mio M3 di tahun 2014.

“Hybrid ini adalah next generation-nya Blue Core. Jadi harapannya ini bisa menjadi paket yang pas untuk konsumen, dengan desain baru, dengan fitur-fitur baru, dan dengan teknologi baru,” ucap Antonius, kepada wartawan di Jakarta (17/1/2022).

Antonius mengatakan, Fazzio pada dasarnya memiliki spesifikasi teknis yang sama dengan skutik 125 cc Yamaha sebelumnya. Misalnya, motor ini tidak dilengkapi baterai tambahan, hanya baterai atau aki bawaan motor.

“Jadi baterai tetap baterai yang ada di motor atau aki. Cara kerjanya, di motor ini, kami ada electric power assist start, yang itu membantu dan simultan dengan engine, itu membantu tarikan awal mesin di 3 detik pertama,” ujar Antonius.

“Jadi tenaga yang dikeluarkan oleh mesin pada saat akselerasi awal, itu dibantu electric power assist start tadi,” kata dia.

Menurutnya, 3 detik pertama saat melaju adalah kunci buat sepeda motor untuk berakselerasi. Pada saat itulah teknologi Blue Core Hybrid bekerja.

“Kenapa 3 detik pertama? Karena di situlah titik di mana membutuhkan tenaga yang besar. Apalagi pada saat boncengan, menanjak, atau pada saat bawa barang. Di situlah hybrid-nya bekerja,” kata Antonius.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/17/192100415/begini-cara-kerja-teknologi-hybrid-yamaha-fazzio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke