Kompas.com - 15/01/2022, 15:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Penggunaan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) alias tilang elektronik saat ini tak hanya terbatas dengan CCTV atau kamera statis. Sebab, pihak kepolisian sudah mengembangkan ETLE Mobile.

ETLE Mobile merupakan tilang elektronik dengan sistem kamera yang bisa terus berpindah tempat. Kamera dipasangkan pada mobil patroli maupun seragam/helm personel yang bertugas di lapangan.

Berkat ETLE Mobile, pengawasan ketertiban lalu lintas bisa mencakup wilayah yang lebih luas, termasuk area-area yang belum terpantau oleh CCTV atau kamera ETLE statis.

Baca juga: Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Sistem ini pun sudah mulai diberlakukan di berbagai daerah, termasuk Kota Pekalongan dengan penamaan khusus Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek).

Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Munawwarah dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022), menjelaskan bahwa Kopek dibekali fitur yang bisa merekam data wajah pelanggar lalu lintas dan mengintegrasikannya dengan data pada SIM serta E-KTP.

Peluncuran ETLE Mobilentmcpolri.info Peluncuran ETLE Mobile

“Dengan rekaman tersebut petugas akan mengidentifikasi pelanggaran lalu lintas yang ditemukan. Selanjutnya rekaman dijadikan alat bukti pelanggaran,” kata Munawwarah.

Pelanggar yang sudah teridentifikasi melalui Kopek akan mendapatkan surat konfirmasi sesuai dengan data pelanggar yang dikirimkan oleh pihak kepolisian melalui Go Sigap.

Baca juga: Beda Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel 2.800 cc dengan 2.400 cc

Selanjutnya pelanggar dapat membayar denda seperti yang disebutkan dalam surat tilang melalui transfer nomor rekening virtual yang tercantum atau mengikuti sidang.

Apabila pelanggar tidak membayar denda dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, maka pajak STNK akan diblokir.

Munawwarah pun mengingatkan apabila kendaraan yang terekam kamera ETLE sudah bukan milik orang yang bersangkutan, segera konfirmasi dengan memberikan informasi bahwa kendaraan tersebut sudah dijual atau berpindah kepemilikan.

Dengan mulai diberlakukannya ETLE Mobile bernama Kopek di Kota Pekalongan, diharapkan masyarakat semakin patuh akan aturan lalu lintas. Penerapan proses tilang kepada pelanggar aturan pun bisa sesuai prosedur tanpa penyimpangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.