Toprak Cuma Mau Pindah ke MotoGP jika Masuk Tim Pabrikan

Kompas.com - 08/01/2022, 08:42 WIB
Rider asal Turki, Toprak Razgatlioglu (PATA Yamaha), meraih gelar Juara Dunia WSBK di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). KOMPAS.com/Mochamad SadheliRider asal Turki, Toprak Razgatlioglu (PATA Yamaha), meraih gelar Juara Dunia WSBK di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021, Toprak Razgatlioglu, sempat dikabarkan akan pindah ke MotoGP. Namun, kabar tersebut langsung ditepis.

Pebalap asal Turki tersebut mengakui akan mengetes YZR-M1 pada musim ini. Namun, dia juga menegaskan ingin menyelesaikan kontraknya di WorldSBK hingga akhir 2023.

Baca juga: Penjelasan Brembo Soal Aksi Stoppie ala Toprak Razgatlioglu

Meskipun demikian, Toprak juga sempat mengatakan bahwa dia bisa saja pindah ke MotoGP lebih awal, yakni pada 2023. Namun, di MotoGP sendiri juga belum ada tempat kosong baginya.

Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx World SBK Toprak Razgatlioglu melakukan 'burnout' disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx World SBK Toprak Razgatlioglu melakukan 'burnout' disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.

Kenan Sofuoglu, manajer Toprak, mengatakan tidak akan membiarkan pebalap Pata Yamaha tersebut untuk pindah ke MotoGP dan masuk tim satelit. Menurutnya, Toprak harus mendapatkan motor M1 terbaru dengan dukungan penuh dari pabrikan.

"Sekalipun jika Yamaha menawarkan kami tempat di tim pabrikan, saya tidak yakin. Saya akan sangat berhati-hati dengan karir Toprak. Saya tidak ingin membuat kesalahan dan merusak perasaannya yang sedang bagus," ujar Sofuoglu, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Toprak Kasih Sinyal Pindah ke MotoGP pada 2023

Sofuoglu menambahkan, Toprak sedang menikmati balapan saat ini dan dia tidak ingin merusak hal tersebut. Dia juga membeberkan bahwa Razlan Razali, pemilik tim satelit RNF Yamaha, sudah berkali-kali mengajak Toprak bergabung untuk 2022, tapi tidak tertarik.

Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berfoto dengan papan tanda juara dunia 2021 seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu berfoto dengan papan tanda juara dunia 2021 seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.

"Saya jelaskan padanya bahwa kami akan mempertimbangkan hanya untuk tim pabrikan. Kami tidak akan balapan untuk tim B juga, hanya untuk tim pabrikan," kata Sofuoglu.

Namun, di tim pabrikan Yamaha juga saat ini sedang ada Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Keduanya juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.