Kawasaki dan Yamaha Kolaborasi Bikin Mesin Hidrogen

Kompas.com - 05/01/2022, 10:12 WIB
Sketsa desain dari Kawasaki H2 SX  yang menunjukkan seperti apa sepeda motor bertenaga hidrogen di masa depan. CYCLEWORLD.comSketsa desain dari Kawasaki H2 SX yang menunjukkan seperti apa sepeda motor bertenaga hidrogen di masa depan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Aliansi bisnis untuk mengembangkan mesin ramah lingkungan tak hanya dilakukan merek-merek mobil. Jenama kendaraan roda dua pun kini sudah mengarah ke teknologi yang lebih hijau.

Disitat dari Ride Apart (4/1/2022), bagi merek-merek sepeda motor, mesin hybrid jadi jalan tengah yang kompromistis untuk pengembangan teknologi elektrifikasi.

Pengembangan mesin hidrogen yang telah dilakukan Kawasaki untuk sementara waktu, telah memancing minat sejumlah pabrikan untuk terjun langsung.

Baca juga: Jakarta PPKM Level 2, Ganjil Genap Tetap Berlaku di 13 Lokasi

Ilustrasi mesin hidrogen buatan KawasakiCYCLEWORLD.com Ilustrasi mesin hidrogen buatan Kawasaki

Yamaha pun disebut telah duduk semeja dengan Kawasaki. Kedua pabrikan kabarnya telah siap mengembangkan mesin hidrogen baru.

Mesin inilah yang digadang-gadang bakal digunakan sepeda motor pada masa mendatang, selain tentunya motor listrik.

Seperti diketahui, Kawasaki telah lama melihat hidrogen sebagai bahan bakar alternatif bagi sepeda motor. Pabrikan Geng Hijau melihat bahwa tren bahan bakar alternatif tersebut bakal ramai tak lama lagi.

Baca juga: Siap-siap, Pelat Nomor Kendaraan Bermotor Bakal Dipasang Cip

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

Hal tersebut juga diperkuat dengan Kawasaki Heavy Industries, yang merupakan pemilik hidrogen cair pertama di dunia yang disebut 'The Suiso Frontier'.

Bahkan, mereka juga tengah berupaya untuk memproduksi mesin bertenaga hidrogen tidak hanya untuk kendaraan.

Tetapi juga untuk peralatan tugas berat seperti mesin-mesin di darat, kapal laut, serta generator turbin bertenaga hidrogen.

Sejalan dengan rencana Kawasaki, Yamaha rupanya juga memiliki tujuan serupa. Pasalnya pabrikan berlogo Garpu Tala sudah menetapkan bahwa pada 2050 semua produk yang dirilis harus mencapai netralitas karbon 100 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.