Peran Fitur Vehicle Stability Control Saat Musim Hujan

Kompas.com - 04/01/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mencegah terjadinya kecelakaan, selain menjaga perilaku mengemudi, dibutuhkan juga dukungan berupa fitur keselamatan yang disematkan dalam mobil.

Sebab tidak menutup kemungkinan kecelakaan dapat terjadi meski pengemudi sudah fokus dan berperilaku aman, seperti karena faktor cuaca ataupun lingkungan sekitar.

Salah satu fitur penting yang sudah umum disematkan pada mobil modern adalah Vehicle Stability Control (VSC) yang diklaim mampu menjaga kendaraan tetap stabil melaju mengikuti jalurnya.

Baca juga: Terulang Lagi, Pengendara Motor Tertabrak Kereta Api di Kediri

Grand New Avanza dirancang bisa mengaopsi teknologi kontrol traksi elektronik atau Vehicle Stability Control (VSC).Febri Ardani/KompasOtomotif Grand New Avanza dirancang bisa mengaopsi teknologi kontrol traksi elektronik atau Vehicle Stability Control (VSC).

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi pun turut menjelaskan bahwa fungsi utama VSC memang untuk menjaga laju kendaraan tetap stabil saat menikung atau pindah lajur.

“Sistem akan secara otomatis membantu pengurangan tenaga, ketika terjadinya gejala kehilangan traksi pada salah satu roda. Sehingga pengemudi masih tetap bisa mengontrol kendaraan secara aman,” kata Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lantas apakah fitur VSC ini turut berperan penting mencegah mobil mengalami kecelakaan karena ban selip saat melintasi jalanan basah usai terguyur hujan?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, fitur keselamatan ini mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer ketika menikung.

Baca juga: Bisakah Moge Standar Ditilang karena Suara Knalpot Bising?

Gambaran mengenai kondisi mobil jika mengalami understeer dan oversteer.wikipedia Gambaran mengenai kondisi mobil jika mengalami understeer dan oversteer.

Fenomena tersebut umum terjadi ketika ban mobil kehilangan traksi saat jalan yang dilalui dalam kondisi licin oleh beberapa faktor, contohnya seperti akibat terguyur hujan.

Lebih lanjut, fitur VSC pada beberapa mobil dirancang lebih canggih dengan mengurangi laju mobil secara otomatis.

“Jadi ketika pengemudi menginjak gas saat menikung, gas tidak akan bertambah malah akan berkurang sesuai kebutuhan yang terbaca oleh sistem,” kata Didi.

Bisa dikatakan, fitur keselamatan VSC bersifat preventif alias pencegahan. Tentu pengemudi tetap berperan penting dalam menjaga kontrol kemudi selalu stabil terlepas apakah mobil yang dikemudikan sudah memiliki fitur tersebut ataupun belum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.