Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peran Fitur Vehicle Stability Control Saat Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mencegah terjadinya kecelakaan, selain menjaga perilaku mengemudi, dibutuhkan juga dukungan berupa fitur keselamatan yang disematkan dalam mobil.

Sebab tidak menutup kemungkinan kecelakaan dapat terjadi meski pengemudi sudah fokus dan berperilaku aman, seperti karena faktor cuaca ataupun lingkungan sekitar.

Salah satu fitur penting yang sudah umum disematkan pada mobil modern adalah Vehicle Stability Control (VSC) yang diklaim mampu menjaga kendaraan tetap stabil melaju mengikuti jalurnya.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi pun turut menjelaskan bahwa fungsi utama VSC memang untuk menjaga laju kendaraan tetap stabil saat menikung atau pindah lajur.

“Sistem akan secara otomatis membantu pengurangan tenaga, ketika terjadinya gejala kehilangan traksi pada salah satu roda. Sehingga pengemudi masih tetap bisa mengontrol kendaraan secara aman,” kata Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lantas apakah fitur VSC ini turut berperan penting mencegah mobil mengalami kecelakaan karena ban selip saat melintasi jalanan basah usai terguyur hujan?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, fitur keselamatan ini mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer ketika menikung.

Fenomena tersebut umum terjadi ketika ban mobil kehilangan traksi saat jalan yang dilalui dalam kondisi licin oleh beberapa faktor, contohnya seperti akibat terguyur hujan.

Lebih lanjut, fitur VSC pada beberapa mobil dirancang lebih canggih dengan mengurangi laju mobil secara otomatis.

“Jadi ketika pengemudi menginjak gas saat menikung, gas tidak akan bertambah malah akan berkurang sesuai kebutuhan yang terbaca oleh sistem,” kata Didi.

Bisa dikatakan, fitur keselamatan VSC bersifat preventif alias pencegahan. Tentu pengemudi tetap berperan penting dalam menjaga kontrol kemudi selalu stabil terlepas apakah mobil yang dikemudikan sudah memiliki fitur tersebut ataupun belum.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/04/111200515/peran-fitur-vehicle-stability-control-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke