Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor, Toyota Fortuner Legender Tidak Jadi Dijual di Indonesia

Kompas.com - 04/01/2022, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Fortuner Legender dipastikan tidak akan hadir untuk menyapa para pecintanya di Tanah Air dalam waktu dekat. Produk itu akan tetap menjadi salah satu daya tarik untuk pasar luar negeri alias ekspor saja.

Sebab, model Fortuner berkapasitas mesin 2.800 cc yang beberapa waktu lalu ramai dibincangkan oleh pecinta otomotif nasional ternyata varian GR Sport, baik untuk berpenggerak 4x2 maupun 4x4.

Demikian yang tertuang dalam brosur resmi Fortuner 2022, yang diperoleh redaksi Kompas.com dari sumber terpercaya. Ia pun menyebut bila mesin V6 dari kendaraan terkait belum ada untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Harga Kijang Innova Diesel Bekas Masih Tinggi, di Atas Rp 150 Jutaan

New Toyota Fortuner LegenderToyota Thailand New Toyota Fortuner Legender

"Benar, Legender belum masuk. Namun rinciannya, termasuk harga, kami masih menunggu rilis resmi dari PT Toyota Astra Motor (TAM)," ujar dia, Senin (3/1/2022).

Sehingga, lanjutnya, Fortuner akan ada tujuh varian yaitu 2.4 G, 2.4 VRZ, 2.4 GR Sport, 2.7 GR Sport, 2.8 GR sport, 2,8 VRZ, dan 2.8 GR Sport 4x4.

Meski begitu, jangan kecewa karena perubahan pada Fortuner nanti cukup banyak karena difokuskan pada sisi fungsionalitasnya. Sehingga, beberapa fitur disempurnakan tidak terkecuali pada sisi dapur pacu.

Lebih rinci, fitur-fitur yang disempurnakan pada sport utility vehicle (SUV) mewah ini ialah Advanced Head Unit Display 9inci, Power Seat Adjjuster, Adaptable Auto A/C with Dual Zone, Wireless Charger, Drive Mode, serta Surround Monitor.

Baca juga: Menanti Kepastikan Insentif PPnBM, Pabrikan Masih Tahan Penyesuaian Harga Mobil

Toyota Fortuner 2022KOMPAS.com/Ruly Toyota Fortuner 2022

Lalu disematkan juga Electro-Chromic Rearview Mirror, Kick Sensor with Power Backdoor, Rear Seat Entertainment with Illumination, sampai 7 SRS airbag.

Untuk fitur keselamatannya, ada Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), Traction Control (TRC), Vehicle Stability Control (VSC), dan Trailer Sway Control.

Sedangkan pada varian tertinggi, yaitu 4x4 GR Sport, ada fitur tambahan berupa Downhill Assist Control (DAC) dan Easy 4x4 Switch guna menunjang pengalaman berkendara maksimal.

Dalam upaya mendukung performa, Fortuner 2022 juga diberikan mesin baru namun khusus untuk varian 2.8L saja, dengan kode mesin 1GD Engine. Namun belum dibeberkan lebih rinci mengenai keunggulan dan tenaga maksimumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com