Kompas.com - 30/12/2021, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu utama mobil zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan LED dengan cahaya berwarna putih. Sementara model lama, masih mengandalkan bohlam dengan cahaya kuning.

Masing-masing jenis lampu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Bukan hanya secara tampilan saja, tapi juga dari sisi keselamatan.

Baca juga: Buram dan Menguning, Rekondisi Lampu Depan Mobil Mulai Rp 350.000

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, lampu utama berwarna kuning dan putih memiliki sisi positif dan negatif jika dilihat dari sisi keselamatan berkendara.

IIHS lakukan pengujian terhadap kualitas lampu mobil.Autoblog.com IIHS lakukan pengujian terhadap kualitas lampu mobil.

“Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Lalu lebih mampu menembus hujan dan kabut. Namun, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal,” kata Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk lampu berwarna putih, menurut Marcell, model ssekarang visibilitasnya sudah lebih baik di berbagai kondisi, termasuk saat hujan dan kabut.

Baca juga: Bisakah Avanza Lawas Pakai Lampu Depan Avanza Baru?

"Warna putih akan seperti cahaya matahari, sehingga visibilitasnya lebih tinggi. Tapi, kekurangan dari lampu berwarna putih adalah lebih menyilaukan untuk pengemudi lain," ujar Marcell.

Honda All New Civic RSKompas.com/Donny Honda All New Civic RS

Kelebihan dan kekurangan lainnya adalah dari sisi durabilitas, efisiensi, dan harga. Lampu LED lebih hemat energi dan memiliki usia pakai yang panjang. Namun, harganya jauh lebih mahal.

Sementara lampu bohlam, usia pakainya lebih pendek dan tidak sehemat LED untuk konsumsi energinya. Tapi, harganya jauh lebih terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.