Bisakah Avanza Lawas Pakai Lampu Depan Avanza Baru? - Kompas.com

Bisakah Avanza Lawas Pakai Lampu Depan Avanza Baru?

Kompas.com - 06/02/2019, 12:24 WIB
Tampilan Toyota Avanza facelift Tampilan Toyota Avanza facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Peremajaan lampu depan Toyota Avanza dan Xenia membuat tampilannya memang lebih modern. Desain head lamp double layer layaknya Vellfire terbukti ampuh memberikan kesan berbeda pada kedua MPV sejuta umat ini.

Tidak heran bila banyak pemilik Avanza dan Xenia lawas tertarik untuk mengadopsi head lamp baru ini. Seperti yang diungkapkan Yomin Sugianto, spesialis lampu mobil Yoong Motor di Surabaya.

"Yang tanya-tanya soal ganti lampu Avanza lawas dengan model baru sudah banyak, untuk kustom ya. Sebelumnya malah juga banyak yang minta dimodif seperti Rush, tapi buat pasangnya tidak mudah," ucap Yomin beberapa waktu lalu.

Baca juga: ADM Mengakui Desain New Avanza-Xenia Terinspirasi Vellfire

Menurut Yomin, untuk mengganti atau melakukan kustom lampu depan Avanza dan Xenia sebenarnya bisa saja dilakukan. Jalan pintas paling mudah mencari barang copotan, namun tetap harus di-kustom saat akan mengaplikasi ke model lawas.

Bukan hanya, masalah wairing diagram juga harus diperhatikan pada Avanza baru. Mengenai hal ini, Yomin belum banyak berkomentar karena belum pernah membongkar model Avanza atau Xenia baru.

Desain lampu utama Avanza-Xenia terinspirasi dari Toyota Vellfire Desain lampu utama Avanza-Xenia terinspirasi dari Toyota Vellfire

Meski bisa diterapkan, namun Yomin memperingatkan bila dana yang akan dikeluarkan akan cukup banyak. Mengingat struktur perubahan head lamp baru pada Avanza dan Xenia juga diikuti dengan desain baru pada gril dan bumper.

"Kalau beli lalu tinggal pasang saja pasti tidak bisa, karena bumper dan gril berbeda. Pasti dudukan head lamp model baru dengan yang lama juga beda. Banyak yang berubah, artinya kalau mau pasang dana yang dikelurkan juga tidak sedikit, apalagi sekarang-sekarang ini karena belum lama meluncur," ucap Yomin.



Close Ads X