Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Dual Mode, Bisa Berjalan di Aspal dan Rel

JAKARTA, KOMPAS.com - Diklaim yang pertama kali ada di dunia, perusahaan Asa Coast Railway di Jepang mengeluarkan inovasi kendaraan mode ganda alias dual-mode vehicle (DMV) yang bisa berjalan di atas rel kereta api dan jalan raya.

Mengutip Reuters, Minggu (26/12/2021), kendaraan DMV yang baru saja dikenalkan ke publik di Prefektur Tokushima, Jepang, memiliki tampilan seperti minibus.

Ketika DMV berjalan di atas lintasan aspal, kaki-kakinya tetap menggunakan roda layaknya bus pada umumnya. Namun saat di persimpangan rel kereta api, roda baja bisa diturunkan dari bagian kolong bumper depan dan mengangkat bannya.

Dengan demikian, memungkinkan DMV berjalan layaknya sebuah gerbong kereta. Tapi untuk roda karet bagian belakang, posisinya tetap berada di bawah lantaran sebagai pendorong atau penggerak.

Shigeki Miura, CEP Asa Coast Railway yang mengoperasikan DMV mengatakan, keberadaan kendaraan multifungsi tersebut bisa membantu transportasi di kota-kota kecil seperti Kaiyo yang mana populasi masyarakatnya mulai menua.

"DMV dapat menjangkau penduduk setempat sebagai bus, dan membawa mereka ke rel juga. Terutama di daerah pedesaan dengan populasi yang menua, kami harap ini jadi bentuk transportasi umum yang sangat baik," ujar Miura.

Dari segi kapasitas, DMV bisa membawa 21 penumpang. Kendaraan tersebut mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam (kpj) di atas rel kereta api dan 100 kpj di jalan beraspal.

Sayangnya tak ada penjelasan lebih detail soal urusan dapur pacu, Miura hanya mengatakan bila DMV didukung dengan mesin penenggak solar alias diesel.

Nantinya, armada DMV bakal dikelir dengan tampilan yang warna-warni dan akan melayani di sepanjang bagian pantai Pulau Shokoku sebagai transportasi yang menghubungkan kota-kota kecil di sekelilingnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/27/102200615/bus-dual-mode-bisa-berjalan-di-aspal-dan-rel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke