Ganjil Genap di Empat Ruas Jalan Tol Batal Diterapkan

Kompas.com - 21/12/2021, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana untuk menerapkan sistem ganjil genap di empat ruas jalan tol ketika libur Natal dan tahun baru, resmi dibatalkan.

"Kebijakan tersebut tidak jadi atau setidaknya ditunda," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengkutip dari Kompas.tv, Senin (20/12/2021).

Sayangnya, Sambodo tak menjelaskan secara detail kenapa aturan yang dirancang sebagai upaya menekan mobilitas masyarakat di masa libur jelang akhir tahun tersebut dibatalkan.

Baca juga: Ini Aturan dan Syarat Perjalanan Darat Terbaru Selama Libur Nataru

Namun Sambodo menyatakan bila kebijakan ganjil genap di jalan tol dapat dijalankan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Jalan Tol Jasa Marga Group Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga Group

"Tanya ke Kemenhub ya, domainnya di sana," kata Sambodo.

Seperti diketahui, sebelumnya direncanakan bila sistem ganjil genap akan digunakan sebagai upaya menekan lonjakan mobilitas, khususnya pengguna kendaraan pribadi, saat libur Natal dan tahun baru.

Baca juga: Tak Ada Penyekatan, Kemenhub Siapkan Skenario Tes Acak Antigen

Kendaraan yang melintasi penyekatan di jalan tol saat larangan mudik Lebaran 2021JASA MARGA Kendaraan yang melintasi penyekatan di jalan tol saat larangan mudik Lebaran 2021

Ada empat ruas tol yang direncanakan menggunakan sistem pembatasan tersebut, yakni Tol Tangerang-Merak, Bogor-Ciawi, Cikampek-Padalarang-Cileunyi, dan Cikampek-Palimanan-Kanci

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.