Ada Generasi Baru Avanza, tetapi Toyota Masih Jualan Transmover

Kompas.com - 13/12/2021, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan masih membuka pemesanan untuk Avanza generasi kedua atau lawas di dalam negeri.

Hanya saja, varian atau tipe yang bisa dibeli ialah Transmover dan khusus untuk konsumen fleet alias pembelian dalam jumlah banyak. Sebab, model ini tidak ikut diperbarui karena perbedaan segmentasi.

"Transmover kalau ada demand akan kita sediakan, bisa by oder karena kalau fleet biasanya berdasarkan pemesanan," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy belum lama ini.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Menyalip Kendaraan Ada Aturannya

Toyota Avanza versi murah yang disebut TransmoverOtomania - Adit Toyota Avanza versi murah yang disebut Transmover

Artinya, perusahaan telah menutup pemesanan Avanza lawas bagi pembeli perseorangan atau ritel. Bahkan, pemesanan dari konsumen fleet juga ada tingkat minimalnya.

"Jadi untuk Transmover itu masih tetap pakai model lama karena untuk fleet memang ada minimum production," ujarnya.

"Untuk saat ini belum ada (batas waktu produksi). Nanti kita lihat kalau demand semakin menurun kita tidak produksi lagi," lanjut Anton.

Diketahui, Transmover merupakan varian khusus yang dirancang Toyota di Indonesia untuk dipakai kerja, seperti jadi mobil operasional perusahaan, taksi, atau taksi online.

Varian ini, yakni yang terbawah, masih mempertahankan keunggulan yang dimiliki Avanza sejak dulu, yaitu penggerak roda belakang. Tidak ada fitur-fitur canggih yang disemat seperti lampu kabut sampai power window.

Baca juga: Bisa Melakukan Test Drive Mobil Bekas di Rumah

Toyota Transmover.Ghulam/KompasOtomotif Toyota Transmover.

Adapun berdasarkan data wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sepanjang Januari-Oktober 2021 distribusi Avanza Transmover sebanyak 101 unit.

Angka tersebut jauh menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni 1.119 unit pada 2020 dan 5.671 unit pada 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.