Rossi Akan Balapan di GT World Challenge Europe Pakai Audi R8

Kompas.com - 10/12/2021, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya kurang dari empat pekan setelah pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi diketahui sudah kembali bekerja. Rossi diketahui akan turun di ajang GT World Challenge Europe 2022.

Dikutip dari Speedweek.com, Jumat (10/12/2021), pebalap yang dijuluki The Doctor tersebut sedang menjalani sesi tes di Valencia, Spanyol. Bukan Ferrari, tapi Rossi mengemudikan Audi R8.

Disebutkan bahwa ajang balap ketahanan 24 jam di Sirkuit Spa-Franchorchamps sudah menjadi keinginan Rossi sejak lama. Untuk itu, Rossi akan berkolaborasi dengan W Racing Team (WRT).

Baca juga: Rossi Bertaruh Sang Adik Bakal Moncer Musim Depan

WRT sendiri sudah berdiri sejak 10 tahun lalu. Tim ini dipimpin oleh Vincent Vosse, yang juga mantan pebalap. WRT lebih banyak turun di balapan GT3, seperti GT World Challenge atau ADAC GT Masters, dan merupakan salah satu tim terbaik Audi.

Rossi dan tim Monster VR46 Kessel finis keempat di Gulf 12 HoursInstagram @vr46ridersacademyofficial Rossi dan tim Monster VR46 Kessel finis keempat di Gulf 12 Hours

Tahun ini, WRT masuk kelas LPM2 dan langsung menang di tahun pertamanya pada ajang World Sports Car Championship dan pada European Le Mans Series, serta pada Le Mans 24 Hours.

WRT juga sudah mengonfirmasi bahwa keterlibatan Rossi dalam sesi tes adalah untuk mengevaluasi kemungkinan kolaborasi di masa depan. Meskipun, belum ada informasi resmi terkait ajang balap apa saja yang akan diikuti Rossi pada 2022.

Baca juga: Pakai Ferrari, Valentino Rossi Balapan Lagi di Gulf 12 Hours

Rossi mengatakan, tahun depan dirinya akan balapan dengan mobil spesifikasi GT. Namun, dia masih belum tahu kejuaraan mana, karena bisa WEC tetapi bisa juga seri European Le Mans atau International GT.

Rossi dan tim Monster VR46 Kessel finis keempat di Gulf 12 HoursInstagram @vr46ridersacademyofficial Rossi dan tim Monster VR46 Kessel finis keempat di Gulf 12 Hours

“Kami perlu memutuskan juga dengan mobil apa, dan saya perlu memahami level dan kecepatan saya, karena pasti saya ingin balapan dengan LMP2 atau dengan Hypercar, tetapi di sana level pembalapnya sangat tinggi," ujar Rossi.

Satu ajang balap yang sudah pasti akan diikuti Rossi adalah Gulf 12 Hours. Rossi bersama Kessel Racing akan mengendarai Ferrari 488 GT3. Dia juga kembali ditemani Alessio Salucci dan Luca Marini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.