Tersedia Berapa Alat Pemecah Kaca di Kabin Bus?

Kompas.com - 06/12/2021, 11:22 WIB
Alat pemecah kaca di bus DOK. LAKSANABUSAlat pemecah kaca di bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus bus terbakar kembali terjadi di ruas Tol Ungaran-Solo, Sabtu (4/12/2021). Bus PO STJ terbakar hangus, beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, ketika bus terbakar, salah satu cara untuk mengeluarkan asap dari kabin bus adalah dengan memecahkan kacanya.

Memecahkan kaca bus harus dilakukan dengan alat khusus. Hal ini dikarenakan kaca samping bus merupakan model tempered, jadi ketika pecah, berubah jadi serpihan kecil yang aman untuk penumpangnya.

Baca juga: Bos Yamaha Petronas Akui Salah Merekrut Rossi

Alat pemecah kaca di busDOK. LAKSANABUS Alat pemecah kaca di bus

Alat pemecah kaca tersebut biasanya ada di pilar samping. Jumlahnya pun beragam, tergantung dari model bus.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, untuk bus, minimal ada dua alat pemecah kaca. Tapi itu bisa minta untuk dipasang lebih dari dua.

“Kalau bus kota malah terpasang empat alat pemecah kaca,” ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

Baca juga: Ini Tarif Ruas Tol Serang-Rangkasbitung Mulai 5 Desember 2021

Kemudian untuk bus tingkat, seperti yang dikatakan Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan, jumlahnya tentu lebih banyak. Untuk bus tingkat, jumlahnya jadi enam, di bus biasa hanya empat.

“Itu standar karoseri, di bawah ada dua, di atas ada empat,” kata Yohan.

Pemecah kaca ini tinggal dilepas saja dari tempatnya. Kemudian langsung dipukul ujung besinya ke kaca dan kaca langsung pecah. Petunjuk pemakaiannya juga jelas, biasanya berupa stiker yang ditempel di kaca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.