Strategi Baru Produsen Ban Mobil, Optimistis Garap Segmen SUV

Kompas.com - 03/12/2021, 09:49 WIB
Ilustrasi ban produksi Bridgestone Bridgestone IndonesiaIlustrasi ban produksi Bridgestone

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) genap berusia 45 tahun. Dalam perayaan hari ulang tahun di kantor pusatnya di Karawang, Jawa Barat, Bridgestone Indonesia kemukakan komitmennya.

“Di tingkat global, tahun ini merayakan hari jadinya yang ke-90 tahun sedangkan di Indonesia tahun ini menandai 45 tahun eksistensi kami. Telah cukup banyak capaian yang berhasil kami raih," kata Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Mukiat Sutikno dalam keterangan resminya.

"Tidak hanya menjadi salah satu pemimpin pasar ban mendapatkan kepercayaan dari pasar domestik, produk Bridgestone Indonesia juga telah berhasil diekspor ke lebih dari 70 negara,” ucapnya melanjutkan.

Baca juga: Ganjil Genap Akan Diberlakukan di Jalan Tol, Ini Lokasinya

Bridgestone Indonesia juga sudah sukses meraih kepercayaan dari sejumlah pabrikan otomotif kenamaan. Terbukti dengan dijadikannya produk Bridgestone sebagai ban original equipment (OE) kendaraan mereka, baik segmen mobil penumpang maupun niaga.

Acara ?45th Anniversary PT Bridgestone Tire Indonesia,? Kamis (02/12/2021), di kantor pusat Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat.Bridgestone Indonesia Acara ?45th Anniversary PT Bridgestone Tire Indonesia,? Kamis (02/12/2021), di kantor pusat Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Sudah berbisnis sejak 1976 di Indonesia, Bridgestone kini telah memiliki dua pabrik ban yang berlokasi di Bekasi dan Karawang, dengan didukung lebih dari 3.400 tenaga kerja lokal.

Dari sisi layanan, produk Bridgestone Indonesia dipasarkan melalui distributor dan lebih dari 350 jaringan retail resmi seperti Bridgestone Toko Model, Bridgestone One Stop Service, Bridgestone Truck Tire Centre (BBTC), dan 1.500 jaringan toko dan bengkel lainnya di seluruh Indonesia.

Baca juga: DAMRI Mulai Tes Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Sedangkan dari sisi produk, Bridgestone Indonesia menghadirkan berbagai produk ban untuk masing-masing tipe segmen kendaraan. Mulai dari kendaraan kelas menengah, premium, sporttouring, ramah lingkungan, hingga produk ban khusus yang ditujukan untuk sport utility vehicle (SUV).

Lini produk BridgestoneBridgestone Indonesia Lini produk Bridgestone

“Bila merujuk pada data Gaikindo, memasuki tahun 2020 untuk tipe kendaraan SUV sepertinya semakin banyak diminati masyarakat Indonesia. Diperkirakan tren ini akan terus berlanjut dan meningkat hingga 2030,” ujar Sales & Marketing Director Bridgestone Indonesia Bangun Istyaji.

Baca juga: Paling Mahal, Ini Perbandingan Harga All New R15, CBR150, dan GSX-R150

Menurutnya, tren peningkatan minat terhadap SUV ini secara otomatis akan berpengaruh pada peningkatan penggunaan ban dengan diameter rim yang lebih tinggi, 17 inci atau lebih. Untuk segmen ini Bridgestone diwakili oleh produk Dueler H/P 680, Dueler A/T697, Dueler M/T 674, dan untuk premium SUV tersedia Alenza.

“Namun hal ini bukan berarti mengalihkan fokus kami untuk segmen lainnya. Kami akan tetap memberikan yang terbaik untuk setiap segmen dan tipe kendaraan,” kata Aji.

Memasuki usianya yang ke-45 tahun di Indonesia, Bridgestone juga akan lebih meningkatkan layanan servisnya dengan menjajaki layanan mobile service melalui layanan Mobile Care untuk TOMO dan Mobile Service BTTC untuk menjangkau jaringan pelanggan yang lebih luas, dan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.