Ketemu Pengendara Tanggung, Harus Jago Antisipasi

Kompas.com - 25/11/2021, 19:41 WIB
Ilustrasi pengendara motor KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANIlustrasi pengendara motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor di derah perkotaan memang ada-ada saja rintangannya. Mungkin yang sering jadi tersangka adalah ibu-ibu yang mengendarai motor dengan tanggung, berada di tengah-tengah lajur.

Memang bukan ibu-ibu saja yang menghalangi, banyak juga pengendara yang memang kurang sadar dengan keadaan sekitar. Jadi mereka hanya sekadar naik motor, tapi malah menghalangi lalu lintas.

Lalu bagaimana jika bertemu pengendara seperti itu di jalan, apa yang bisa dilakukan?

Baca juga: Suzuki Katana Model 2022, Makin Gagah dan Banyak Fitur

Pengendara motor ugal-ugalaninstagram.com/infobandungkota Pengendara motor ugal-ugalan

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, faktor pengendara lain di jalan raya bisa menjadi penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, sebagai pengendara harus bisa beradaptasi dengan lingkungan berkendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Melatih keterampilan dan kontrol emosi saat berkendara menjadi sangat penting dilakukan setiap pengendara agar tetap aman dan nyaman. Ketika berhadapan dengan pengendara yang bertingkah aneh, harus sabar dan sebaiknya menghindar,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Menghindari pengendara tanggung tadi bisa dilakukan dengan berbagai cara, tapi disesuaikan juga dengan kondisi jalan. Satu hal yang perlu dilakukan adalah jaga pandangan mata untuk melihat jauh ke depan agar bisa mengantisipasi potensi bahaya yang ada.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Wuling GSEV di IEMS 2021

“Dengan begitu kita bisa memprediksi apabila ada pengendara yang dapat menjadi potensi bahaya langsung maupun tidak langsung. Tindakan bisa berupa pindah lajur, kurangi kecepatan, atau berhenti untuk mengantisipasi bahaya,” kata Agus.

Agus juga mengingatkan, ketika berada di jalan raya, harus ingat tujuan utama yakni sampai lokasi dengan selamat. Oleh karena itu, ketika bertemu orang yang menghalangi, tidak selamanya harus disalip, tapi harus sabar dan lihat kondisi jalannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.