Plus Minus Air Suspension dan Per Daun yang Dipakai Bus

Kompas.com - 25/11/2021, 16:21 WIB
Sasis bus Hino R260 tribunnews.comSasis bus Hino R260


JAKARTA, KOMPAS.com - Bus merupakan salah satu moda transportasi darat yang saat ini semakin membaik pelayanannya. Selain pelayanan, kenyamanan naik bus juga terus ditingkatkan demi memuaskan penumpang.

Salah satu yang turut memenuhi kenyamanan penumpang saat naik bus adalah suspensi yang digunakan. Suspensi yang digunakan bus di Indonesia secara umum terbagi jadi dua, yaitu per daun dan suspensi udara.

Saat ini, sudah banyak juga bus yang menggunakan suspensi udara. Namun hal ini tidak membuat bus dengan suspensi per daun hilang, karena masih banyak juga yang menggunakannya.

Baca juga: MotoGP Akan Gunakan Bahan Bakar Non Fosil Mulai 2027

sasis bus modularsanzakiiytoet.blogspot sasis bus modular

Lalu apa saja kelebihan maupun kekurangan dari sistem suspensi pada bus?

Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia mengatakan, kelebihan dari suspensi udara adalah lebih nyaman untuk penumpang di kabin. Selain nyaman, suspensi udara juga tidak bersuara, jadi menambah kenyamanan penumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Soal perawatan juga lebih mudah, kemudian untuk model yang bisa diatur ketinggiannya, membuat sasisnya fleksibel,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tapi kekurangan dari suspensi udara adalah biasanya harga sasis lebih mahal dibanding per daun. Jika dibandingkan sasis bus dengan per daun dan suspensi udara bisa punya selisih sekitar Rp100 jutaan.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Wuling GSEV di IEMS 2021

“Kemudian enggak semua mekanik bisa melakukan perbaikan jika suspensi udara mengalami kerusakan,” kata Dimas.

Selanjutnya, kelebihan dari bus yang masih pakai per daun adalah murah dan banyak teknisi yang paham untuk merawat maupun memperbaikinya. Namun kekurangannya yaitu perlu adanya perawatan yang baik pada pernya.

“Jika enggak dirawat dengan baik, rawan bunyi dan patah. Selain itu juga rasa berkendaranya tidak senyaman suspensi udara,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.