Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Sukses Tingkatkan Ekspor di Saat Pandemi

Kompas.com - 18/11/2021, 14:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi perekonomian di masa pandemi sempat menurun tahun lalu dan tahun ini mulai membaik.

Tahun ini, Suzuki Indonesia juga mencatatkan peningkatan ekspor pada periode Januari-Oktober 2021 sebesar 34 persen, baik untuk CBU maupun CKD, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu

Untuk kategori CBU, XL7 berkontribusi 39 persen. Sedangkan untuk kategori CKD, Karimun Wagon R yang menjadi penyumbang terbesar dengan kontribusi 95 persen. Tahun ini, ekspor dilakukan ke-49 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika.

Baca juga: Suzuki Siapkan Ertiga Hybrid Untuk Bersaing di Era Elektrifikasi

Apriyanto, Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), mengatakan, peningkatan angka ekspor Suzuki memperlihatkan mulai pulihnya pasar otomotif dunia, terutama negara-negara tujuan ekspor.

Ekspor perdana Suzuki AddressAgung Kurniawan/KompasOtomotif Ekspor perdana Suzuki Address

"Pakistan, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Meksiko adalah beberapa negara yang memiliki permintaan tinggi terhadap kendaraan Suzuki. Melihat tren positif ini, hingga akhir tahun 2021, kami menargetkan untuk mengekspor mobil ke 52 negara tujuan,” ujar Apriyanto, dalam keterangan resminya.

Mobil yang akan diekspor secara CBU, mulai dari, APV, New Carry, All New Ertiga dan XL7. Sedangkan ekspor kategori CKD adalah All New Ertiga, New Carry, dan Karimun Wagon R.

Untuk ekspor CBU sendiri, periode Januari–Oktober 2021 angkanya meningkat 9 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. XL7 tercatat menjadi mobil penumpang yang memiliki kontribusi tertinggi tahun 2021.

Baca juga: All New Ertiga Sport FF Jadi Modal Suzuki Pulihkan Segmen LMPV

Sedangkan untuk ekspor roda dua atau sepeda motor, Suzuki tetap mengandalkan Satria F150, Nex II, Address, dan GSX Series.

Masih di periode Januari-Oktober 2021, terdapat tiga model sepeda motor unggulan yang memiliki kontribusi tersebar, yaitu Satria F150 sebesar 62,6 persen, Nex II sebesar 11,9 persen, dan Address UK110 sebesar 7,2 persen selama tahun 2021 ini.

Suzuki New Carry LuxuryKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Suzuki New Carry Luxury

Produk Suzuki GSX Series juga sudah di ekspor ke negara-negara di benua Eropa, seperti, Jerman, Belgia, Perancis, Italia, dan lainnya. Saat ini, sepeda motor Suzuki sudah diekspor ke 35 negara dan akan terus menambah negara tujuan ekspor ke berbagai kawasan lainnya di dunia.

“Saat kinerja industri otomotif nasional sempat melandai di saat pandemi Covid-19, ekspor menjadi salah satu lini penjualan yang membantu kami bertahan. Kami harap penjualan ekspor mencapai target yang telah kami tetapkan baik dalam hal jumlah unit maupun daftar negara tujuan. Sehingga akan berdampak positif terhadap pemulihan pasar otomotif,” kata Apriyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com