Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Dorong Pembangunan Ekosistem Mobil Listrik

Kompas.com - 17/11/2021, 16:07 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun. Untuk itu, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

Jokowi menyampaikannya saat kunjungannya ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Lihat dari Dekat Motor Custom Jokowi yang Dipakai di Mandalika

"Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan," ujar Jokowi, dalam keterangan resminya.

All New Camry Hybrid All New Camry Hybrid

Selain melakukan kunjungan dan meninjau sejumlah stan, Jokowi juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipajang.

Selain itu, Jokowi juga bertemu dengan sejumlah CEO dari para produsen mobil yang hadir dalam pameran yang mengusung tema "Wheels to Move" tersebut.

Toyota Corolla Hybrid yang dijual khusus di pasar China.Indianautosblog Toyota Corolla Hybrid yang dijual khusus di pasar China.

Baca juga: Jokowi Minta Kandungan Lokal Isuzu Ditingkatkan

"Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang," kata Jokowi.

Setelah melakukan peninjauan, Jokowi juga menyempatkan diri untuk mencoba salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev. Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Jokowi mengendarai mobil listrik tersebut mengitari pelataran depan gedung ICE BSD City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com