Jokowi Minta Kandungan Lokal Isuzu Ditingkatkan

Kompas.com - 17/11/2021, 15:47 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendatangi booth Isuzu Astra Motor di GIIAS 2021 DOK. IAMIPresiden Republik Indonesia Joko Widodo mendatangi booth Isuzu Astra Motor di GIIAS 2021

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo membahas tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau kandungan lokal kendaraan bersama direksi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dan PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu), saat mengamati mobil Isuzu Traga di booth Isuzu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 ICE-BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (17/11/2021).

Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Mensesneg Pratikno, dan beberapa pejabat lainnya, sedangkan dari manajemen Isuzu ada Presiden Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Eisaku Akazawa, Direktur PT IAMI Anthon Kumonty, dan Chief Operation Officer (COO) Astra Isuzu Yohanes Pratama.

Eisaku Akazawa memberi penjelasan perihal kendaraan Isuzu. Ia menjawab dengan singkat tiga pertanyaan dari Presiden Jokowi tentang kandungan lokal, lokasi pabrik pembuatan, dan masalah apa yang saat ini dihadapi Isuzu.

Baca juga: Ditinggal Xpander, Nissan Siapkan Livina Facelift

Export Isuzu Traga di tahun 2019DOK. IAMI Export Isuzu Traga di tahun 2019

Beberapa waktu lalu, saat melepas ekspor 6.000 unit Isuzu Traga ke Filipina, Jokowi juga sudah meminta agar kandungan lokal terus ditingkatkan, dan itu tentu akan meningkatkan kepercayaan diri saat mengekspor kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Jokowi, ekspor yang dilakukan Isuzu itu merupakan yang diinginkan pemerintah. Jika ekspor semakin meningkat, defisit transaksi berjalan Indonesia semakin mengecil dan neraca perdagangan bisa surplus. Jika Indonesia kuat diekspor, tentu tidak akan ditekan negara-negara lain.

“Kita dengan negara manapun berani,” ujar Jokowi di Tangerang, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Begini Cara Cegah Aquaplaning di Jalan Tol

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terhadap mobil baru menjadi pendorong peningkatan kandungan lokal produk otomotif nasional.

“Relaksasi ini bukan untuk mendorong penjualan saja, ada faktor yang tidak kalah penting yang kita kejar yaitu local purchase atau kandungan lokal,” kata Menperin.

Terkait kandungan lokal, Anthon Kumonty menjelaskan, permintaan Presiden Jokowi sangat positif. Isuzu yang sudah 46 tahun di Indonesia akan terus meningkatkan kandungan lokal.

Produksi truk menengah Giga di pabrik baru Isuzu, di Karawang, Jawa Barat.Agung Kurniawan Produksi truk menengah Giga di pabrik baru Isuzu, di Karawang, Jawa Barat.

“Kita terus mencoba mencari apa yang bisa digarap di Indonesia, melokalkan yang saat ini masih dipasok dari Thailand maupun India,” kata Anthon.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.