Garansi Truk Isuzu Standar Euro 4 Dijamin meskipun Minum Biosolar

Kompas.com - 17/11/2021, 11:02 WIB
Truk trailer Isuzu DOK. IAMITruk trailer Isuzu

TANGERANG, KOMPAS.com – Mulai April 2022, regulasi mengenai produsen kendaraan niaga bermesin diesel harus memenuhi standar Euro 4 seharusnya bergulir.

Sebenarnya regulasi ini berlaku di 2020, tetapi  harus diundur karena pandemi Covid-19.
Nantinya, mulai April 2022 semua kendaraan bermesin diesel yang keluar dari pabrik harus memenuhi standar emisi Euro 4. Jadi sudah tidak ada lagi kendaraan diesel baru yang cuma lolos uji emisi Euro 4.

Untuk memenuhi standar emisi tersebut, truk Euro 4 juga harus menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang baik. Pertamina pun mengeklaim akhir 2021, sebaran SPBU yang memiliki Pertamina Dex dengan kadar sulfur di bawah 50 ppm sudah tersedia di 95 persen wilayah Indonesia.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota New Veloz, Angsuran Mulai Rp 4 Jutaan

Plus minus BBM Biosolarautobild.co.id Plus minus BBM Biosolar

Namun, bagaimana jika nantinya pemilik truk yang sudah Euro 4 terpaksa mengisi truknya dengan bahan bakar dengan kualitas yang kurang baik, apakah garansi dari APM bisa hangus?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tonton Eko, Product Development Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan, Isuzu tetap mengimbau konsumen untuk mengisi truk Euro 4 dengan bahan bakar yang sesuai.

“Tapi, jika terpaksa mereka isi biosolar, tetap bisa, tetap kita garansi,” ucap Tonton di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, belum lama ini.

Baca juga: Adu Desain All New Avanza dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

Tonton cuma bisa mengingatkan bagi para customer jika terpaksa armadanya yang sudah Euro 4 diisi dengan bahan bakar selain untuk Euro 4, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Maintenance itu tolong diperhatikan dengan benar, filter oli, solar, penggantian oli, jangan sampai telat. Istilahnya mobil sudah bagus, tapi diisi bahan bakar yang jelek, maka dirawat yang benar, jangan sampai telat,” ucapnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.