BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Gratis Pajak Diperpanjang, Saatnya Beli Mobil Baru

Kompas.com - 04/11/2021, 11:52 WIB
Ilustrasi membeli mobil baru. Shutterstock/feelartfeelantIlustrasi membeli mobil baru.
|

KOMPAS.com – Pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) telah diperpanjang hingga akhir 2021. Sebelumnya, kebijakan yang diluncurkan pada Maret 2021 ini hanya berlaku sampai Agustus 2021.

Kabar tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan bermotor, seperti mobil. Pasalnya, sebelum digratiskan seperti sekarang, pemerintah mengenakan PPnBM untuk mobil 4x2 di bawah 1.500 cc berkisar 10 persen dari harga mobil. Sementara, sedan dikenakan pajak 30 persen.

Meski begitu, Anda yang sedang ancang-ancang membeli mobil mesti mengetahui bahwa pembebasan PPnBM memiliki syarat dan ketentuan.

Diberitakan Kompas.com, Minggu (19/9/2021), gratis PPnBM 100 persen hanya berlaku untuk kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc. Contoh mobil dari segmen ini adalah Raize, Yaris, Vios, Avanza, Veloz, dan Rush dari Toyota.

Di luar segmen tersebut, PPnBM masih tetap berlaku, tetapi dengan tarif lebih ringan. Pada kendaraan bermotor penumpang 4x2 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc, pajak yang dikenakan 50 persen. Sementara, kendaraan 4x4 di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc dikenakan tarif 25 persen.

Putuskan dengan matang

Kendati pasar otomotif tengah berpihak pada konsumen, sebaiknya Anda tidak buru-buru memutuskan membeli mobil. Sebab, kendaraan tersebut akan dipergunakan dalam waktu lama. Uang yang dikeluarkan untuk membelinya pun tidak sedikit.

Sebelum membeli mobil, hitung terlebih dahulu bujet yang dimiliki. Hal ini penting untuk mengetahui kesanggupan membayar uang muka, angsuran, dan biaya perawatan. Kemudian, pastikan pula bahwa anggaran untuk belanja kebutuhan esensial sudah aman saat memutuskan beli kendaraan.

Begitu perhitungan bujet beres, barulah jenis mobil yang ingin dibeli bisa ditentukan. Penentuan ini pun perlu memperhatikan kebutuhan berkendara, ketersediaan bangku, dan model transmisi.

Ada banyak jenis mobil yang bisa dipilih, antara lain sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), hatchback, dan sedan.

Khusus pabrikan Toyota, Raize dan Rush masuk dalam jenis pertama. Sementara, golongan kedua diisi Avanza dan Veloz. Kemudian, Yariz masuk ke dalam jenis hatchback dan Vios merupakan sedan.

Bila menginginkan mobil dengan kapasitas besar, Avanza, Veloz, dan Rush menjadi pilihan tepat. Seri ini juga tangguh menempuh segala medan. Sementara, Yaris, Raize, dan Vios berkapasitas lima kursi.

Hal tidak kalah penting yang perlu dipastikan saat membeli mobil adalah layanan purnajual yang diberikan produsen kendaraan. Ini mengingat mobil perlu perawatan, baik servis berkala maupun ganti suku cadang.

Umumnya, layanan purnajual yang diberikan kepada konsumen meliputi servis berkala gratis hingga waktu ataupun jarak tempuh tertentu, diskon pembelian suku cadang, dan bonus aksesori.

Selain itu, pertimbangkan juga kemudahan menjangkau lokasi dealer. Jadi, bila ingin menyervis mobil, Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh.

Manfaatkan program pembiayaan

Setelah urusan bujet, penentuan jenis mobil, dan kepastian layanan purnajual sudah beres, segera tebus mobil impian. Jika pilihan jatuh pada mobil pabrikan Toyota, seperti Raize, Yaris, Vios, Avanza, Veloz, dan Rush, Anda bisa mendapatkan ragam penawaran menarik.

Pasalnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menawarkan paket EZDeal yang merupakan program pembiayaan untuk kepemilikan enam kendaraan tersebut dengan cicilan ringan dalam tenor enam tahun.

Untuk kepemilikan Raize, Toyota menetapkan cicilan mulai dari Rp 2,7 juta per bulan, Sementara, Yaris, Veloz, dan Rush masing-masing mulai dari Rp 3,5 juta per bulan, serta Vios Rp 4 juta per bulan. Kemudian, cicilan Avanza dimulai Rp 2,9 juta per bulan.

Dengan skema itu, konsumen, khususnya kawula muda, diharapkan dapat memiliki mobil stylish tanpa perlu bayar mahal. Ini mengingat besaran cicilan yang terbilang ringan pada dua tahun pertama.

Pada tahun berikutnya, konsumen bisa menyesuaikan besaran cicilan dengan perkembangan pendapatan. Bahkan, Toyota memberikan kesempatan trade-in atau tukar tambah di tengah masa cicilan. Dengan begitu, lifestyle konsumen milennial tidak akan terganggu.

Layanan baru lainnya

Selain EZ Deal, Toyota juga menambah program baru lainnya guna meningkatkan kenyamanan konsumen dalam hal kepemilikan mobil. Salah satunya, Toyota Trade-in.

Toyota Trade-in sendiri merupakan layanan one stop solution dari TAM yang memfasilitasi pembelian mobil Toyota dengan sistem tukar tambah.

Adapun unit lama yang hendak ditukar bisa dari merek apa saja. Unit yang masih berstatus cicilan pun dapat diikutsertakan dalam program Toyota Trade-in.

Transaksi Toyota Trade-in dapat dilakukan secara mudah, cepat, serta proses appraisal dan transaksi yang transparan. Selain itu, Toyota juga memberikan fleksibilitas waktu terkait penarikan unit lama. Jadi, selama unit baru belum dikirim oleh Toyota, pelanggan masih bisa memakai mobil lamanya.

Program selanjutnya yang tengah digencarkan Toyota untuk memudahkan kepemilikan kendaraan adalah Toyota Official Store Solution (TOSS). Sebagai informasi, TOSS merupakan platform belanja online khusus produk Toyota, mulai dari kendaraan, suku cadang, hingga servis.

Secara konsep, TOSS akan terintegrasi dengan seluruh dealer Toyota di seluruh Indonesia. Proses transaksi di platform ini pun mudah layaknya bertransaksi belanja online pada umumnya, Konsumen tinggal pilih produk, bayar, dan tunggu mobil datang.

Untuk sementara, TOSS baru hadir dalam versi beta. Dealer yang terkoneksi dengan platform ini pun masih terbatas. Meski demikian, TAM berkomitmen untuk menyempurnakan TOSS agar dapat menjaring seluruh dealer di Tanah Air.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota selalu ingin menghadirkan solusi bermobilitas yang lebih baik lagi bagi pelanggan. Salah satu contohnya terlihat dari penambahan model kendaraan dalam program EZDeal. Pada awalnya EZDeal hanya meliputi dua model yaitu Raize dan Yaris, tapi sejak Oktober juga ditambah dengan Rush dan Vios.

Kemudian, lanjut Anton, kehadiran program Toyota Trade-in dan TOSS menunjukkan bahwa Toyota selalu menyiapkan dan melakukan peningkatan, baik secara offline maupun online. Pilihan layanan Total Mobility Solution Toyota pun kian lengkap, baik program usership, ownership, dan after sales yang manfaatnya semakin menarik bagi pelanggan.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.