Pameran Kendaraan Listrik Digelar 24 November 2021

Kompas.com - 12/11/2021, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 bakal diselenggarakan pada Rabu-Jumat, 24-26 November mendatang, di kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan.

IEMS 2021 diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) dengan mengusung tema besar "Innovation for Better Future e-Mobility".

Kepala Kantor B2TKE sekaligus Ketua IEMS 2021 Barman Tambunan menjelaskan total ada 30 pemain termasuk produsen di bidang kendaraan listrik yang bakal ikut berpartisipasi.

Baca juga: Motor Kustom yang Dipakai Jokowi Saat Jajal Sirkuit Mandalika

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan motor listrik yang dilakukan Universitas Budi LuhurDok. UBL Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan motor listrik yang dilakukan Universitas Budi Luhur

"Di antaranya Toyota, Hyundai, Gesits, Wuling, DFSK, beberapa perguruan tinggi, PLN, dan peserta lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu," kata Barman dalam keterangan resminya, Jumat (12/11/2021).

Nantinya, IEMS 2021 dihelat dengan konsep Hybrid Exhibition dan Seminar, termasuk sejumlah talkshow, webinar, dan beberapa kegiatan lain seperti test drive berbagai kendaraan listrik.

Pameran ini merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Diharapkan pula IEMS 2021 jadi wadah untuk bertransaksi kendaraan listrik sekaligus meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap jenis kendaraan tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Daihatsu Xenia Terbaru, Mulai Rp 190 Jutaan

Salah satu kendaraan listrik karya dari Mobilijo Cutom  dipamerkan di pameran kendaraan listrik PNKJ 2021 di Borobudur, Sabtu (6/11/2021).Arif Nugrahadi Salah satu kendaraan listrik karya dari Mobilijo Cutom dipamerkan di pameran kendaraan listrik PNKJ 2021 di Borobudur, Sabtu (6/11/2021).

Barman turut mengatakan, bahwa BRIN jadi satu-satunya badan yang saat ini fokus mengembangkan riset teknologi usai peleburan 4 lembaga riset yakni LIPI, BATAN, LAPAN, dan BPPT.

Ia berharap para pelaku di industri kendaraan listrik tidak sekadar melihat BRIN sebagai laboratorium uji saja, tapi turut menjadi rekanan kerjasama dengan pihak swasta.

"Kami siapkan satu area test drive dengan lokasi layak dan luas, lahan uji coba charging station, sehingga pengunjung bisa melihat teknologi charging kendaraan listrik," ujar Barman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.